BAHTIAR, FIRMAN ADAM (2025) PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN AWARENESS, DAN ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTIONS PADA PRODUK ELEKTRONIK YANG DIMEDIASI OLEH GREEN TRUST (Studi pada Pelanggan PT. XYZ di Pulau Jawa). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (576kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (308kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (639kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (504kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (229kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (169kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (446kB) |
Abstract
This study aims to test and analyze the influence of green perceived value, green awareness, and environmental knowledge on green purchase intention, both directly and through the mediation of green trust. The population of this study is the consumers of PT. XYZ on the Java Island, with a sample of 200 respondent. The data analysis method uses Structural Equation Model-Partial Least Square (SEMPLS). The results of the study found that green perceived value, green awareness, environmental knowledge, and green trust have a positive and significant influence on green purchase intention. And on the other hand, green trust also has a positive and significant influence in mediating the relationship between green perceived value, green awareness, and environmental knowledge and green purchase intention. This study contributes by revealing the mediation role of green trust in strengthening the relationship between green perceived value, green awareness, and environmental knowledge to green purchase intention. In addition, this study offers strategic recommendations to increase consumer trust and awareness of green products through a targeted approach to transparency, certification, and education campaigns. Key words: Green Perceived Value, Green Awareness, Environmental Knowledge, Green Trust, Green Purchase Intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, pengetahuan lingkungan, kepercayaan hijau terhadap niat pembelian hijau, baik secara langsung maupun melalui mediasi kepercayaan hijau. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen PT.XYZ di Pulau Jawa, dengan ukuran sampel 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menemukan bahwa nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, pengetahuan lingkungan, kepercayaan hijau mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian hijau. Dan di sisi lain kepercayaan hijau juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan antara nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, dan pengetahuan lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan mengungkapkan peran mediasi kepercayaan hijau dalam memperkuat hubungan antara nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, dan pengetahuan lingkungan terhadap niat pembelian hijau. Selain itu, penelitian ini menawarkan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kepercayaan dan kesadaran konsumen terhadap produk hijau melalui pendekatan transparansi, sertifikasi, dan kampanye edukasi yang terarah. Kata kunci: Nilai Hijau Yang Dirasakan, Kesadaran Hijau, Pengetahuan Lingkungan, Kepercayaan Hijau, Niat Pembelian Hijau
Actions (login required)
![]() |
View Item |