PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN AWARENESS, DAN ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTIONS PADA PRODUK ELEKTRONIK YANG DIMEDIASI OLEH GREEN TRUST (Studi pada Pelanggan PT. XYZ di Pulau Jawa)

BAHTIAR, FIRMAN ADAM (2025) PENGARUH GREEN PERCEIVED VALUE, GREEN AWARENESS, DAN ENVIRONMENTAL KNOWLEDGE TERHADAP GREEN PURCHASE INTENTIONS PADA PRODUK ELEKTRONIK YANG DIMEDIASI OLEH GREEN TRUST (Studi pada Pelanggan PT. XYZ di Pulau Jawa). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (576kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (169kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB)

Abstract

This study aims to test and analyze the influence of green perceived value, green awareness, and environmental knowledge on green purchase intention, both directly and through the mediation of green trust. The population of this study is the consumers of PT. XYZ on the Java Island, with a sample of 200 respondent. The data analysis method uses Structural Equation Model-Partial Least Square (SEMPLS). The results of the study found that green perceived value, green awareness, environmental knowledge, and green trust have a positive and significant influence on green purchase intention. And on the other hand, green trust also has a positive and significant influence in mediating the relationship between green perceived value, green awareness, and environmental knowledge and green purchase intention. This study contributes by revealing the mediation role of green trust in strengthening the relationship between green perceived value, green awareness, and environmental knowledge to green purchase intention. In addition, this study offers strategic recommendations to increase consumer trust and awareness of green products through a targeted approach to transparency, certification, and education campaigns. Key words: Green Perceived Value, Green Awareness, Environmental Knowledge, Green Trust, Green Purchase Intention. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, pengetahuan lingkungan, kepercayaan hijau terhadap niat pembelian hijau, baik secara langsung maupun melalui mediasi kepercayaan hijau. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen PT.XYZ di Pulau Jawa, dengan ukuran sampel 200 responden. Metode analisis data menggunakan Structural Equation Model-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menemukan bahwa nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, pengetahuan lingkungan, kepercayaan hijau mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap niat pembelian hijau. Dan di sisi lain kepercayaan hijau juga mempunyai pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan antara nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, dan pengetahuan lingkungan. Penelitian ini memberikan kontribusi dengan mengungkapkan peran mediasi kepercayaan hijau dalam memperkuat hubungan antara nilai hijau yang dirasakan, kesadaran hijau, dan pengetahuan lingkungan terhadap niat pembelian hijau. Selain itu, penelitian ini menawarkan rekomendasi strategis untuk meningkatkan kepercayaan dan kesadaran konsumen terhadap produk hijau melalui pendekatan transparansi, sertifikasi, dan kampanye edukasi yang terarah. Kata kunci: Nilai Hijau Yang Dirasakan, Kesadaran Hijau, Pengetahuan Lingkungan, Kepercayaan Hijau, Niat Pembelian Hijau

Item Type: Thesis (S2)
Call Number CD: CD/551. 25 019
NIM/NIDN Creators: 55122120047
Uncontrolled Keywords: Nilai Hijau Yang Dirasakan, Kesadaran Hijau, Pengetahuan Lingkungan, Kepercayaan Hijau, Niat Pembelian Hijau
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.23 Acquisition Through Purchase/Akuisisi Melalui Pembelian
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 304 Factors Affecting Social Behaviour/Faktor-faktor yang Mempengaruhi Tingkah Laku Sosial > 304.2 Human Ecology/Ekologi Manusia > 304.28 Environmental Abuse/Penyalahgunaan Lingkungan
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 324 Political Process/Proses Politik > 324.5 Campaigns for Nominations/Kampanye
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.3 Personnel Management/Manajemen Personalia, Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen SDM
800 Literatures/Kesusastraan > 800. Literatures/Kesusastraan > 801 Philosophy and Theory of Literatures/Filsafat dan Teori Kesusastraan > 801.3 Value, Influence, Effect/Nilai, Pengaruh, Efek
Divisions: Pascasarjana > Magister Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 03 Mar 2025 02:29
Last Modified: 03 Mar 2025 02:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94589

Actions (login required)

View Item View Item