MAHARANI, ALVINA (2025) PENGELOLAAN INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA KOMUNIKASI KOMUNITAS PENGGEMAR JI CHANG WOOK MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @jichangwook_id. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (498kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
|
![]() |
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (134kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (172kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (928kB) |
Abstract
Instagram @jichangwook_id is one of the fan community accounts dedicated to Ji Chang Wook, actively utilizing social media as a platform for communication and interaction among its members. The purpose of this study is to identify and analyze the management of instagram as a communication media for the ji chang wook fan community through social media instagram @jichangwook_id This study employs the Social Media Management theory, commonly known as the 4C by Chris Heuer, which includes Context, Communication, Collaboration, and Connection. The research paradigm used is constructivism, emphasizing the perspective of social issues based on real social conditions. A qualitative approach with a descriptive method was used in this study. Three managers of @jichangwook_id were selected as key informants, along with three followers as additional informants. The results of this research show that this account utilizes various Instagram features to build strong emotional connections with followers through relevant, interactive content and community activities. The fanbase actively participates in discussions and collaborative activities. Apart from that, this account also succeeded in utilizing the characteristics of social media, such as networks, information, archives, interactions, and user-generated content, to strengthen ties within the fan community. The @jichangwook_id account also reflects the principles of digital communication and public relations theory in building harmonious and sustainable relationships with followers and partners. Keywords: Management, Communication, Instagram, Social Media, Fanbase Instagram @jichangwook_id merupakan salah satu akun komunitas penggemar Ji Chang Wook yang aktif menggunakan media sosial sebagai sarana komunikasi dan interaksi antar anggotanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengelolaan instagram sebagai media komunikasi komunitas penggemar ji chang wook melalui media sosial instagram @jichangwook_id. Dalam penelitian ini menggunakan teori Pengelolaan Media Sosial yang biasa disebut 4C menurut Chris Heuer diantaranya, Konteks (Context), Komunikasi (Communication), Kolaborasi (Collaboration), Koneksi (Connection). Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah konstruktivisme, yang menekankan pada sudut pandang masalah-masalah dalam kehidupan sosial berdasarkan kondisi realitas sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Dan dalam penelitian ini terdapat 3 pengelola dari @jichangwook_id menjadi Key Informan dan 3 informan yaitu followers @jichangwook_id. Pada hasil penelitian ini memperlihatkan bahwa akun ini memanfaatkan berbagai fitur Instagram untuk membangun keterhubungan emosional yang kuat dengan pengikut melalui konten yang relevan, interaktif, dan aktivitas komunitas. Fanbase aktif berpartisipasi dalam diskusi dan kegiatan kolaboratif. Selain itu, akun ini juga berhasil memanfaatkan karakteristik media sosial, seperti jaringan, informasi, arsip, interaksi, dan user-generated content, untuk memperkuat ikatan dalam komunitas penggemar. Akun @jichangwook_id juga mencerminkan prinsipprinsip komunikasi digital dan teori public relations dalam membangun hubungan yang harmonis dan berkelanjutan dengan pengikut dan mitra. Kata Kunci: Pengelolaan, Komunikasi, Instagram, Media Sosial, Fanbase
Actions (login required)
![]() |
View Item |