SAPUTRA, BURHANUDIN DWI (2025) PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN OPTIMASI MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK UMKM ICE CREAM SAVANA MARET - DESEMBER 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 01 Cover.pdf Download (389kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB 1)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (284kB) |
|
![]() |
Text (BAB 2)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
|
![]() |
Text (BAB 3)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
|
![]() |
Text (BAB 4)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 04 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (362kB) |
|
![]() |
Text (BAB 5)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB 6)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 07 Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 09 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan optimasi media promosi UMKM Ice Cream Savana dalam rangka membangun kesadaran merek selama periode Maret hingga Desember 2024. Permasalahan utama yang diangkat adalah minimnya penggunaan media promosi, baik online maupun offline, kurangnya strategi pemasaran berbasis media social, dan keterbatasan pemasaran yang hanya mengandalkan metode word of mouth. Dalam penulisan ini, teori komunikasi pemasaran dan brand awareness menjadi landasan utama untuk merancang strategi promosi yang efektif. Teori komunikasi pemasaran membantu memahami bagaimana menyampaikan pesan promosi secara optimal melalui saluran online dan offline, sehingga dapat menarik perhatian, membangun hubungan dengan konsumen, dan mendorong tindakan seperti pembelian. Teori brand awareness berfokus pada peningkatan pengenalan dan pengingatan merek oleh konsumen, memastikan produk mudah diidentifikasi dan diingat saat mereka menghadapi keputusan pembelian Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, pelatihan, dan konsultasi bersama mitra usaha. Hasil penulisan menunjukkan adanya peningkatan interaksi di media social setelah peluncuran akun Instagram @icecreamsavana yang dikelola secara strategis. Selain itu, penggunaan media Offline seperti x-banner, spanduk, dan stiker kemasan berhasil memperkuat citra merek di pasar lokal. Konten menarik seperti testimoni, informasi produk, dan mini games di media social juga berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Kesimpulan dari penulisan ini adalah strategi promosi terpadu yang menggabungkan media online dan offline mampu meningkatkan kesadaran merek Ice Cream Savana secara signifikan. Program ini juga menciptakan potensi keberlanjutan dengan memberdayakan mitra untuk mengelola promosi secara mandiri.
Actions (login required)
![]() |
View Item |