PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN OPTIMASI MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK UMKM ICE CREAM SAVANA MARET - DESEMBER 2024

SAPUTRA, BURHANUDIN DWI (2025) PENDAMPINGAN UNTUK MENINGKATKAN OPTIMASI MEDIA PROMOSI DALAM MEMBANGUN KESADARAN MEREK UMKM ICE CREAM SAVANA MARET - DESEMBER 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 01 Cover.pdf

Download (389kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (284kB)
[img] Text (BAB 2)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (299kB)
[img] Text (BAB 3)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB 4)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 04 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (362kB)
[img] Text (BAB 5)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB 6)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 07 Bab 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44321010091 - Burhanudin Dwi Saputra - 09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk meningkatkan optimasi media promosi UMKM Ice Cream Savana dalam rangka membangun kesadaran merek selama periode Maret hingga Desember 2024. Permasalahan utama yang diangkat adalah minimnya penggunaan media promosi, baik online maupun offline, kurangnya strategi pemasaran berbasis media social, dan keterbatasan pemasaran yang hanya mengandalkan metode word of mouth. Dalam penulisan ini, teori komunikasi pemasaran dan brand awareness menjadi landasan utama untuk merancang strategi promosi yang efektif. Teori komunikasi pemasaran membantu memahami bagaimana menyampaikan pesan promosi secara optimal melalui saluran online dan offline, sehingga dapat menarik perhatian, membangun hubungan dengan konsumen, dan mendorong tindakan seperti pembelian. Teori brand awareness berfokus pada peningkatan pengenalan dan pengingatan merek oleh konsumen, memastikan produk mudah diidentifikasi dan diingat saat mereka menghadapi keputusan pembelian Metode yang digunakan meliputi observasi, wawancara mendalam, pelatihan, dan konsultasi bersama mitra usaha. Hasil penulisan menunjukkan adanya peningkatan interaksi di media social setelah peluncuran akun Instagram @icecreamsavana yang dikelola secara strategis. Selain itu, penggunaan media Offline seperti x-banner, spanduk, dan stiker kemasan berhasil memperkuat citra merek di pasar lokal. Konten menarik seperti testimoni, informasi produk, dan mini games di media social juga berkontribusi dalam meningkatkan keterlibatan audiens. Kesimpulan dari penulisan ini adalah strategi promosi terpadu yang menggabungkan media online dan offline mampu meningkatkan kesadaran merek Ice Cream Savana secara signifikan. Program ini juga menciptakan potensi keberlanjutan dengan memberdayakan mitra untuk mengelola promosi secara mandiri.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44321010091
Uncontrolled Keywords: UMKM, Ice Cream Savana, Media Promosi, Brand awareness
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.01-658.09 [Management of Enterprises of Specific Sizes, Scopes, Forms; Data Processing]/[Pengelolaan Usaha dengan Ukuran, Lingkup, Bentuk Tertentu; Pengolahan Data] > 658.02 Management of Enterprises of Specific Sizes and Scopes/Pengelolaan Usaha dengan Ukuran dan Lingkup Tertentu > 658.022 Small Enterprises/Usaha Kecil
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Rifky
Date Deposited: 15 Feb 2025 07:24
Last Modified: 15 Feb 2025 07:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/94274

Actions (login required)

View Item View Item