SITA AGUSTINA, DEBORA AYU (2024) PENGELOLAAN KOMUNIKASI KORPORAT DALAM IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL INNOVATION YANG BERKELANJUTAN PADA PERUSAHAAN ELEKTRONIK DI INDONESIA (Studi Kasus Pada PT Epson Indonesia Tahun 2021-2023). S3 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 01 Cover.pdf Download (795kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
||
Text (BAB 2)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (912kB) |
||
Text (BAB 3)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
Text (BAB 4)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB 5)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (528kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (330kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
55221110035 - Debora Ayu Sita Agustina - 08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Sampah elektronik menjadi masalah yang dapat merusak lingkungan dan menjadi salah satu penyebab peningkatan suhu di bumi, serta berpengaruh pada perubahan iklim. Beberapa hambatan menyebabkan PT Epson Indonesia (EIN) sulit untuk segera membuat atau menjalankan program kerja dan kegiatan komunikasi dengan tujuan mengatasi masalah lingkungan tersebut. Penelitian ini bertujuan agar mendapatkan pemahaman, penjelasan dan penggambaran tentang bagaimana perusahan tersebut mengkonstruksi pengelolaan komunikasi korporat beserta hambatan dan solusinya dalam penerapan konsep ekonomi hijau dan konsep TPB/ SDGs melalui implementasi Corporate Social Innovation (CSI) kurun waktu April 2021-Maret 2023 sebagai solusi. Merujuk pada teori kovergensi simbolik, difusi inovasi, dan konsep komunikasi korporat, Triple Bottom Line (3P) serta TPB/SDGs, penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, paradigma konstruktif dan metode penelitian studi kasus untuk mengetahui cara PT EIN menyusun dan menyampaikan pesan bisnis, serta solusi atas hambatan komunikasinya. Hasil penelitian menemukan bahwa implementasi CSI dilakukan PT EIN melalui pengelolaan komunikasi korporat secara strategis yang menggunakan perspektif teori dan konsep yang disebutkan sebelumnya. Pertama, mengacu teori konvergensi simbolik, ditemukan 5 isyarat simbol yang digunakan berdasarkan 4 tahapan, yakni tema fantasi, rantai fantasi, tipe fantasi visi retoris. Kedua, mengacu teori difusi inovasi, pengelolaan komunikasi terbagi atas dua proses, yakni antara (1) pemerintah pada PT EIN, (2) PT EIN pada stakeholders lainnya. Ketiga, pengelolaan pesan dari konsep triple bottom line (3P) juga digunakan sebagai acuan untuk menentukan beberapa poin agenda TBP/ SDGs yang terkait. Penelitian ini memberi rekomendasi kepada PT EIN untuk memiliki bagian khusus yang menangani CSI untuk perubahan yang berkelanjutan.
Actions (login required)
View Item |