PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK APPLE IPHONE PADA DOSEN UNIVERSITAS DI WILAYAH JAKARTA BARAT

PUTRI, DWI ADELIA (2024) PENGARUH CITRA MEREK DAN PERSEPSI KUALITAS PRODUK TERHADAP INTENSI PEMBELIAN PRODUK APPLE IPHONE PADA DOSEN UNIVERSITAS DI WILAYAH JAKARTA BARAT. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (630kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text (BAB II)
03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB)
[img] Text (BAB III)
04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB IV)
05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (275kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (188kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (547kB)

Abstract

The rapid development of technology has intensified competition among smartphone manufacturers, who strive to create superior features in their products. Consumers, however, not only consider the advantages offered but also the brand image when deciding on a purchase. This study aims to analyze the influence of brand image and perceived product quality on the purchase intention of iPhones among university lecturers in West Jakarta. The research employed a quantitative method, with a population of lecturers who either use or are interested in purchasing iPhones. The sample was obtained through non-probability sampling using the accidental sampling method, totaling 105 respondents. The T-test results show that brand image has a positive and significant effect on purchase intention, with a significance value of 0.000 < 0.05 and a T value of 6.959 > T table 1.983. Similarly, perceived product quality also has a positive and significant effect, with a significance value of 0.007 < 0.05 and a T value of 2.739 > T table 1.983. The F-test reveals that brand image and perceived product quality together significantly influence purchase intention, with a significance value of 0.000 < 0.05 and an F value of 24.270 > F table 3.085. These findings were obtained using SPSS. Therefore, companies are advised to maintain a strong brand image and improve product quality to enhance consumer purchase intention. Keywords: Brand Image, Perceived Product Quality, Purchase Intention Perkembangan teknologi yang pesat saat ini memicu persaingan ketat antarprodusen smartphone, yang berupaya menciptakan berbagai keunggulan pada produk mereka. Konsumen tidak hanya memperhatikan keunggulan produk, tetapi juga citra merek saat memutuskan untuk membeli. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh citra merek dan persepsi kualitas produk terhadap intensi pembelian iPhone di kalangan dosen universitas di wilayah Jakarta Barat. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, dengan populasi dosen yang sudah menggunakan atau tertarik membeli iPhone. Sampel diambil menggunakan teknik non-probability sampling dengan metode accidental sampling, dengan jumlah responden sebanyak 105 orang. Hasil uji T menunjukkan bahwa citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap intensi pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan T hitung 6,959 > T tabel 1,983. Persepsi kualitas produk juga berpengaruh positif dan signifikan dengan nilai signifikansi 0,007 < 0,05 dan T hitung 2,739 > T tabel 1,983. Uji F menunjukkan bahwa citra merek dan persepsi kualitas produk secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap intensi pembelian dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan F hitung 24,270 > F tabel 3,085. Temuan ini diperoleh dengan bantuan program SPSS. Oleh karena itu, disarankan agar perusahaan terus menjaga citra merek yang kuat dan meningkatkan kualitas produk untuk meningkatkan minat beli konsumen. Kata Kunci: Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk, Intensi Pembelian

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FP/PSI. 24 171
NIM/NIDN Creators: 46120010043
Uncontrolled Keywords: Citra Merek, Persepsi Kualitas Produk, Intensi Pembelian
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 025 Operations, Archives, Information Centers/Operasional Perpustakaan, Arsip dan Pusat Informasi, Pelayanan dan Pengelolaan Perpustakaan > 025.2 Acquisitions and Collection Developtment/Akuisisi dan Pengembangan Koleksi Perpustakaan > 025.23 Acquisition Through Purchase/Akuisisi Melalui Pembelian
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 730 Plastic Arts and Sculpture/Seni Plastik dan Seni Patung > 739 Art Metalwork/Seni Logam, Kerajinan Logam > 739.4 Iron Art Works/Seni Logam Besi > 739.48 Products/Produk
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 920 Biography, Obituary/Biografi, Obituari > 929 Genealogy, names, insignia > 929.9 Forms of Identifications/Bentuk-bentuk Identifikasi > 929.95 Service arks and Trademarks/Tanda Layanan dan Merk
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 31 Oct 2024 08:09
Last Modified: 31 Oct 2024 08:09
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92709

Actions (login required)

View Item View Item