NURHARDANINGSIH, NURHARDANINGSIH (2024) PENGARUH KONTEN YOUTUBE GOING SEVENTEEN TERHADAP PERILAKU MINAT MENONTON DI KALANGAN PENGGEMAR K-POP (Survey pada penggemar K-Pop di grup Chatting Telegram dan WhatsApp). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf Download (490kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) |
||
Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (303kB) |
||
Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (23kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (288kB) |
Abstract
In this study , the object of research is youtube Going Seventeen, or gose for short, a youtube web series created and starring the K-Pop boy group Seventeen. This content provides an overview of the daily lives and behind-the-scenes activities of Seventeen members., it is able to influence the interest in watching. The purpose of this study was to determine the effect of youtube Going Seventeen content on viewing interest behavior among k-pop fans. The variables used are independent variables of youtube Going Seventeen content, while the dependent variable is the interest in watching. The paradigm used in the research conducted is the paradigm of positivism with research methods used survey methods quantitative explanatory approach. In sampling using Non probability sampling with purposive sampling techniques. The number of samples in the study was 174 respondents, taken from the population of all K-Pop fans who are members of the Jakarta K-Pop fan whatsapp group and the Jabodetabek Carats Telegram group. The results showed that the content of going seventeen influenced the interest of watching k-pop fans by 75.6%. Youtube going seventeen content has a positive effect on viewing interest with a regression coefficient of 0.843. This means that if there is a consistent increase in the value of the Going Seventeen content variable is zero or fixed, it will increase the interest in watching by 0.843 The conclusion of this study is that the results of this study also show that the viewing behavior of Going Seventeen is not only influenced by individual factors, but also by the characteristics of the content itself. Quality, relevant, and interesting content will more easily attract the attention and engagement of the audience. In addition, the frequency of viewing, episode duration, and content format can also affect viewing behavior. Dalam penelitian ini yang menjadi objek penelitian merupakan konten youtube Going Seventeen , atau disingkat gose, yaitu sebuah web series youtube yang dibuat dan dibintangi oleh boy group K-Pop Seventeen. Konten ini memberikan gambaran tentang kehidupan sehari-hari dan kegiatan di belakang layar anggota Seventeen., hal tersebut mampu memberikan pengaruh terhadap minat menonton. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh konten youtube Going Seventeen terhadap perilaku minat menonton di kalangan penggemar k-pop. Variabel yang digunakan yaitu variabel bebas konten youtube Going Seventeen, sedangkan variabel terikat minat menonton. Paradigma yang digunakan dalam penelitian yang dilakukan adalah paradigma positivisme dengan metode penelitian yang digunakan metode survey pendekatan kuantitatif eksplanatif. Pada pengambilan sampel menggunakan Non probability sampling dengan teknik sampel purposive. Jumlah sampel dalam penelitian yaitu 174 responden, diambil berdasarkan dari populasi seluruh penggemar K-Pop yang tergabung dalam grup whatsapp penggemar K-Pop Jakarta dan grup Telegram Carats Jabodetabek. Hasil penelitian menunjukkan, konten going seventeen mempengaruhi minat menonton penggemar k-pop sebesar 75,6%. Konten youtube going seventeen berpengaruh positif terhadap minat menonton dengan koefisien regresi sebesar 0,843. Artinya apabila terjadi peningkatan nilai konsisten variabel Konten Going Seventeen bernilai nol atau tetap maka akan meningkatkan Minat Menonton sebesar 0,843 Simpulan dari penelitian ini adalah Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa perilaku menonton Going Seventeen tidak hanya dipengaruhi oleh faktor individual, tetapi juga oleh karakteristik konten itu sendiri. Konten yang berkualitas, relevan, dan menarik akan lebih mudah menarik perhatian dan keterlibatan penonton. Selain itu, frekuensi penayangan, durasi episode, dan format konten juga dapat mempengaruhi perilaku menonton.
Actions (login required)
View Item |