PAMUNGKAS, ANGGER PUTRA (2024) AKTIVITAS PRODUKSI KONTEN PESAN POLITIK AKUN INSTAGRAM @PLAYLISTGAMA PILPRES TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.
|
Text (COVER)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 01 COVER.pdf Download (412kB) | Preview |
|
Text (BAB 1)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 02 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (243kB) |
||
Text (BAB 2)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 03 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (BAB 3)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 04 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) |
||
Text (BAB 4)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 05 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (568kB) |
||
Text (BAB 5)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 06 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 08 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (380kB) |
Abstract
Feneomena media baru, seperti Instagram, memberikan peluang bagi aktor politik untuk menyampaikan pesan politik melalui konten yang edukatif dan menghibur, khususnya untuk generasi muda. Kampanye Pilpres 2024 Indonesia merupakan ajang dimana para kandidat berusaha maksimal mendapatkan pemilih menggunakan media baru dalam aktivitas politiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi produksi pesan politik pada akun Instagram @playlistGAMA, yang merupakan bagian dari kampanye pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan Wakil Presiden Mahfud MD pada Pemilihan Umum 2024. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif untuk mengeksplorasi proses produksi konten di akun @playlistGAMA. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tim playlistGAMA dan dokumentasi proses produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi konten mengikuti tahapan riset, pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, dengan fokus pada segmentasi audiens, targeting pemilih muda dan komunitas lokal, serta positioning yang menekankan solusi konkret dan Unique Selling Proposition (USP). Evaluasi dan penyesuaian strategi kampanye dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pesan politik.
Actions (login required)
View Item |