AKTIVITAS PRODUKSI KONTEN PESAN POLITIK AKUN INSTAGRAM @PLAYLISTGAMA PILPRES TAHUN 2024

PAMUNGKAS, ANGGER PUTRA (2024) AKTIVITAS PRODUKSI KONTEN PESAN POLITIK AKUN INSTAGRAM @PLAYLISTGAMA PILPRES TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 01 COVER.pdf

Download (412kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 02 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text (BAB 2)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 03 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB)
[img] Text (BAB 3)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 04 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (BAB 4)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 05 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB)
[img] Text (BAB 5)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 06 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 07 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (158kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
44120010105 – ANGGER PUTRA PAMUNGKAS - 08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

Feneomena media baru, seperti Instagram, memberikan peluang bagi aktor politik untuk menyampaikan pesan politik melalui konten yang edukatif dan menghibur, khususnya untuk generasi muda. Kampanye Pilpres 2024 Indonesia merupakan ajang dimana para kandidat berusaha maksimal mendapatkan pemilih menggunakan media baru dalam aktivitas politiknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi produksi pesan politik pada akun Instagram @playlistGAMA, yang merupakan bagian dari kampanye pasangan calon Presiden Ganjar Pranowo dan Wakil Presiden Mahfud MD pada Pemilihan Umum 2024. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivis dengan pendekatan kualitatif dan deskriptif untuk mengeksplorasi proses produksi konten di akun @playlistGAMA. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan tim playlistGAMA dan dokumentasi proses produksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi konten mengikuti tahapan riset, pra-produksi, produksi, dan pasca-produksi, dengan fokus pada segmentasi audiens, targeting pemilih muda dan komunitas lokal, serta positioning yang menekankan solusi konkret dan Unique Selling Proposition (USP). Evaluasi dan penyesuaian strategi kampanye dilakukan secara berkelanjutan untuk meningkatkan efektivitas dan relevansi pesan politik.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44120010105
Uncontrolled Keywords: Pesan Politik, Media Baru, Instagram, Ganjar Pranowo, Mahfud MD
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 320 Political dan Government Science/Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.1-320.9 Standard Subdivisions of Political dan Government Science/Subdivisi Standar Dari Ilmu Politik dan Ilmu Pemerintahan > 320.9 Political Situation and Condition/Situasi dan Kondisi Politik
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 03 Oct 2024 03:16
Last Modified: 03 Oct 2024 03:16
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/92094

Actions (login required)

View Item View Item