TEKNIK KOMUNIKASI ONLINE GURU DENGAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATEMATIKA DENGAN METODE KUMON PADA SAAT PANDEMIK COVID-19

OKTAVIANI, SUSI (2021) TEKNIK KOMUNIKASI ONLINE GURU DENGAN SISWA DALAM MEMPELAJARI MATEMATIKA DENGAN METODE KUMON PADA SAAT PANDEMIK COVID-19. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (616kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (508kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (554kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (329kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (396kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)

Abstract

This research discusses about online communication techniques between teacher and student in learning mathematics through kumon method during Covid-19 pandemic. The researcher intends to explain about online communication techniques between teacher and student in learning mathematics through kumon method during Covid-19 pandemic The researcher uses a theory to support this research. The theoretical review used in this research is a interpersonal communication theory and Attribution theory. The research method used in this research is descriptive qualitative with a qualitative approach and constructivism paradigm. The data collection technique uses primary and secondary data. Primary data is obtained by interviews to respondents. Meanwhile, secondary data is obtained from literary book, journal, and observation result in form of Whatsapp screen capture data. The result of research shows that the content of online communication between teacher and student in learning mathematics through kumon method during Covid-19 pandemic is motivation in form of reward provision so students are eager to participate in learning mathematics online and remain excellent. Rewards in the verbal form are the use of words or sentences that can motivate students such as „bagus‟, „baik‟, and sentences like „pekeijaanmu bagus sekali or „saya senang dengan pekeijaanmu‟ Rewards in the non-verbal form are the provision of score as a bonus or additional score for students that do their tasks properly. Meanwhile, rewards in the form of goods are erasers or pencils and in the form of appreciation are charters, trophies, or certificates for excellent students. Keywords : Technical Communication, Learning Motivation, Kumon Method, Covid-19 Pandemic. Penelitian ini membahas tentang teknik komunikasi online guru dengan siswa dalam mempelajari matematika dengan metode kumon pada saat pandemik Covid-19, peneliti ingin memaparkan tentang teknik komunikasi online guru dengan siswa dalam mempelajari matematika dengan metode kumon pada saat pandemik Covid-19. Peneliti menggunakan teori yang dapat mendukung penelitian ini. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori komunikasi interpersonal dan atribusi teori. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Menggunakan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Data primer didapatkan dengan wawancara mendalam terhadap narasumber. Data sekunder didapatkan literature buku, jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isi komunikasi online antara guru dengan siswa dalam mempelajari matematika dengan metode kumon pada saat pandemik Covid-19 adalah motivasi dalam bentuk pemberian hadiah (reward) agar siswa tersebut semangat untuk mengikuti belajar online matematika dan tetap berprestasi. Reward dalam bentuk verbal seperti penggunaan kata-kata atau kalimat yang dapat memotivasi siswa seperti bagus, baik, dan kalimat seperti pekerjaanmu baik sekali atau saya senang dengan pekerjaanmu. Reward dalam bentuk nonverbal seperti pemberian angka atau nilai berupa bonus atau tambahan nilai bagi siswa yang mengerjakan tugas dengan baik. Pemberian hadiah berupa benda seperti penghapus atau pensil serta pemberian penghargaan seperti piagam, piala atau sertifikat bagi siswa yang berprestasi. Kata Kunci : Teknik Komunikasi, Motivasi Belajar, Metode Kumon, Pandemik Covid- 19.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44215120147
Uncontrolled Keywords: Teknik Komunikasi, Motivasi Belajar, Metode Kumon, Pandemik Covid- 19.
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 10 Oct 2024 01:36
Last Modified: 10 Oct 2024 01:36
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91843

Actions (login required)

View Item View Item