MAKNA NAGA DAN BARUNA PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA”

FADLI, AHMAD (2024) MAKNA NAGA DAN BARUNA PADA IKLAN SIRUP MARJAN VERSI “BARUNA SANG PENJAGA SAMUDERA”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana - Buncit.

[img]
Preview
Text (COVER)
01 cover.pdf

Download (504kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 abstrak.pdf

Download (424kB) | Preview
[img] Text (BAB 1)
03 bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB 2)
04 bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text (BAB 3)
05 bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB 4)
06 bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (450kB)
[img] Text (BAB 5)
07 bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB)

Abstract

Iklan produk merupakan proses bauran pemasaran. Komunikasi itu adalah proses konstruksi makna. Iklan Marjan yang terbaru pada tahun 2023 mengangkat tema ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Terdapat visualisasi naga pada iklan tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui makna naga pada iklan sirup Marjan versi ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Peneliti menggunakan Teori semiotika Pierce untuk menganalisis tandatanda yang muncul dalam iklan Sirup Marjan ”Baruna Sang Penjaga Samudera”. Adapun paradigma penelitian ini adalah konstruktivisme dengan metode kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah teori semiotika Charles Sanders Pierce. Pengumpulan data primer menggunakan observasi isi iklan ditambah data sekunder adalah kepustakaan. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa simbol naga pada iklan sirup marjan menyampaikan pesan tentang bencana alam yang diakibatkan dari perilaku manusia yamg mencemari lingkungan, perlindungan lingkungan dan tanggung jawab sosial. Naga dalam iklan ini merupakan makhluk mitologi. Naga digambarkan sebagai bencana pada saat semakin banyaknya perilaku manusia membuang sampah di laut atau lingkungan laut tercemar. Iklan ini menggabungkan elemen visual dan naratif untuk menyampaikan pesan secara efektif kepada penonton.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44320010065
Uncontrolled Keywords: makna, naga, iklan, Marjan, semiotika
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 740 Drawing and Decorative Art/Menggambar dan Seni Dekorasi > 741 Drawing and Drawings/Gambar dan Seni Menggambar > 741.6 Graphic Design, Illustration Drawings/Teknik Menggambar Desain Grafis, Teknik Menggambar Ilustrasi > 741.67 Advertisement and Posters/Iklan dan Poster
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: Nasruddin Mansyur S.Hum
Date Deposited: 12 Sep 2024 04:35
Last Modified: 12 Sep 2024 04:35
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91328

Actions (login required)

View Item View Item