PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @OFFICIALKVIBES TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGEMAR K-POP (Survei Pada Followers Instagram @Officialkvibes)

WIBOWO, RAISHA ALFIANNY (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL AKUN INSTAGRAM @OFFICIALKVIBES TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI PENGGEMAR K-POP (Survei Pada Followers Instagram @Officialkvibes). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (621kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (212kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (423kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (307kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

The rapid development of Instagram in Indonesia has made the social media used for various purposes, one of which is to find and disseminate posts containing information. One of the famous accounts among K-pop fans is the @officialkvibes Instagram account, K-pop fans can find the latest information whatever is happening easily. The purpose of this study is to determine how much the effect of using the social media account Instagram @officialkvibes on fulfilling the information needs of K-pop fans. The theories used in this research include new media theory, social media, Instagram, information needs, K-pop, fandom and Uses and gratification communication theory. Thisresearch uses a positivism paradigm, with a quantitative approach and using survey research methods. The population of this research were 1.2 million followers of @officialkvibes and a sample of 100 respondents. The sampling technique used non-probability sampling with a purposive sampling type. The results showed that the effect of using the social media account Instagram @officialkvibes on fulfilling the information needs of K-pop fans was 74.9% and the remaining 25.1% was influenced by other variables not examined in this research. Between the use of the social media account Instagram @officialkvibes with the fulfillment information needs has a very strong level correlation and a positive direction, this can be seen from the correlation coefficient value obtained of 0.865. The use of the social media account Instagram @officialkvibesissignificantly effective in fulfilling the information needs of K-pop fans, this is evident because the significance value is <0.001 which is smaller than 0.05 and the T-count value is 17.081> T-table 1.987. Keywords: New media, Instagram, Information Needs, K-pop, Uses and gratification Theory Pesatnya perkembangan Instagram di Indonesia, membuat media sosial tersebut digunakan untuk berbagai kepentingan, salah satunya untuk mencari dan menyebarkan postingan yang berisi informasi. Salah satu akun yang terkenal di kalangan penggemar K-pop adalah akun Instagram @officialkvibes, penggemar Kpop dapat mencari informasi terbaru apapun yang sedang terjadi dengan mudah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan media sosial akun Instagram @officialkvibes terhadap pemenuhan kebutuhan informasi penggemar K-pop. Teori yang digunakan dalam penelitian ini mencakup teori new media, media sosial, Instagram, kebutuhan informasi, K-pop, fandom dan teori komunikasi Uses and gratification. Penelitian ini menggunakan paradigma positivisme, dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan metode penelitian survei. Populasi penelitian ini yaitu followers @officialkvibes sebanyak 1.2 juta dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik penarikan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis sampel purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan besarnya pengaruh penggunaan media sosial akun Instagram @officialkvibes terhadap pemenuhan kebutuhan informasi penggemar K-pop sebesar 74,9% dan sisa 25,1% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Antara penggunaan media sosial akun Instagram @officialkvibes dengan pemenuhan kebutuhan informasi memiliki tingkat korelasi yang sangat kuat dan arah yang positif, hal ini dilihat dari nilai koefisien korelasi didapat sebesar 0,865. Penggunaan media sosial akun Instagram @officialkvibes secara signifikan berpengaruh dalam memenuhi kebutuhan informasi penggemar K-pop, hal ini terbukti dikarenakan nilai signfikansi <0,001 yang mana lebih kecil dari 0,05 dan nilai T-hitung 17.081 > T-tabel 1,987. Kata Kunci: New media, Instagram, Kebutuhan Informasi, K-pop, Teori Uses and gratification

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 24 070
Call Number: SK/41/24/024
NIM/NIDN Creators: 44120010030
Uncontrolled Keywords: New media, Instagram, Kebutuhan Informasi, K-pop, Teori Uses and gratification
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 020 Library and Information Sciences/Perpustakaan dan Ilmu Informasi > 028 Use of Other Information Media/Membaca > 028.7 Use of Books and Other Information Media As Sources of Information/Penggunaan Buku dan Media Informasi Lain Sebagai Sumber Informasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 781 General Principles of Music and Musical Form/Prinsip-prinsip Umum Musik dan Bentuk-bentuk Musikal > 781.6 Traditions of Music/Tradisi-tradisi Musik > 781.64 Western Popular Music/Musik Pop Barat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 02 Sep 2024 09:10
Last Modified: 02 Sep 2024 09:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/91050

Actions (login required)

View Item View Item