RIZKYTA, ANNISA (2017) AKTIVITAS PUBLIKASI INFORMASI PUBLIK MELALUI MEDIA SOSIAL (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Biro Humas Dan Direktorat Jendral Informasi Dan Komunikasi Publik (Ditjen IKP) Kominfo Periode September-November Tahun 2016). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (90kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (279kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (300kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (183kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (709kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (107kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (720kB) |
Abstract
Media sosial merupakan media yang mewadahi kerja sama di antara pengguna yang menghasilkan konten (user-generated content). Media sosial juga bisa menjadi media komunikasi yang dapat menjangkau publik tersebar keberadaanya dan berbeda kepentinganya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui tahapan aktivitas publikasi yang dilakukan oleh Biro Humas dan Ditjen IKP Kominfo. Adapun yang menjadi identifikasi masalah penelitian ini adalah bagaimana latar belakang pembuatan, pembentukan tim, pembagian kerja, pemilahan pesan, kendala dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa aktivitas publikasi yang dilakukan Biro Humas dan Ditjen IKP Kominfo melalui media sosial menggunakan proses kerja humas yaitu mendefinisikan masalah, perencanaan dan program, aksi dan komunikasi, dan evaluasi. Dalam mengimplementasikan aktivitas publikasi yaitu me-posting seluruh program dan kebijakan melalui empat media sosial yaitu Facebook, Twitter, Instagram, danYoutube. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam melaksanakan aktivitas publikasi informasi, tahap proses kerja humas adalah hal yang penting untuk dipersiapkan dan diorganisasikan dengan pihak internal yang mampu bekerjasama dan bertanggung jawab.
Actions (login required)
View Item |