STRATEGI KORAN TEMPO DALAM MENTRANSFORMASI MENUJU KONVERGENSI MEDIA

OKTAVIANE, DWI (2017) STRATEGI KORAN TEMPO DALAM MENTRANSFORMASI MENUJU KONVERGENSI MEDIA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. HAL COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (178kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (875kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
08.DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (440kB)

Abstract

Dalam suatu perusahaan media cetak, diperlukan suatu strategi pemberitaan maupun manajemen untuk dapat bersaing dengan media lainnya. Tempo sebagai salah satu media cetak terbesar di Indonesia, tentu memiliki strategi pada bidang manajemen transformasi. Tujuan dari strategi transformasi ini adalah agar proses pengembangan sebuah media dapat terwujud seiring dengan perkembangan zamannya. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui bagaimana strategi Koran Tempo untuk dapat bersaing dengan media lain dengan landasan Teori konvergensi media yang diteliti oleh Henry Jenkins, menyatakan bahwa konvergensi media merupakan proses yang terjadi sesuai dengan perkembangan budaya masyarakat. Konvergensi media ini menyatukan 3C yaitu computing (memasukkan data melalui komputer), communication (komunikasi), dan content (materi isi/ konten). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam dengan narasumber. Hasil penelitian ini membahas mengenai proses strategi transformasi yang dilakukan redaksi Koran Tempo menuju konvergensi media. Seperti didalamnya adanya komputerisasi, komunikasi, dan konten/isi berita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Tempo memandang perlunya transformasi yang dimana seiring berkembang mengikuti kebutuhan globalisasi menuju konvergensi media.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 210
NIM/NIDN Creators: 44114110079
Uncontrolled Keywords: KORAN TEMPO DALAM MENTRANSFORMASI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) > 302.232 Print Media/Media Tercetak
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 30 May 2024 04:08
Last Modified: 30 May 2024 04:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88815

Actions (login required)

View Item View Item