TIHAR, MAULANA (2017) PEMAKNAAN TAGLINE END BAD GIFTS. TIME TO PICK THE PERFECT GIFT DALAM IKLAN ASUS PERIODE 2015 DI YOUTUBE. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01.HAL COVER.pdf Download (823kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02.ABSTRAK.pdf Download (214kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03.BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) |
||
Text (BAB II)
04.BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
||
Text (BAB III)
05.BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (248kB) |
||
Text (BAB IV)
06.BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
07.BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (472kB) |
Abstract
Iklan berusaha mengkonstruksi suatu tampilan-tampilan yang dekat dengan kesadaran budaya pada konsumen. Dengan menggunakan sejumlah tekhnik manipulasi sehingga terkonstruksi suatu realitas tertentu. Paradigma konstruktif merupakan paradigma yang memiliki asumsi bahwa sebuah realitas tidak terbentuk secara ilmiah tapi dibentuk dan dikonstruksi Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konstruksi realitas hadiah yang buruk dengan hadiah yang sempurna dalam iklan ASUS versi ‘End Bad Gift” di youtube periode 2015, dengan cara mengidentifikasi tanda-tanda yang terdapat dalam iklan tersebut. Charles Sander Peirce (1893-1914) membagi tanda dan cara kerjanya kedalam tiga kategori yaitu: Ikon, Indeks, Simbol. Meski begitu dalam praktiknya, tidak dapat dilakukan secara ‘mutually exclusive’ sebab dalam konteks-konteks tertentu ikon dapat menjadi simbol. Banyak simbol yang berupa ikon. Disamping menjadi indeks, sebuah tanda sekaligus juga berfungsi sebagai simbol. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode semiotika Charels Sanders Peirce untuk mengungkap makna dibalik tanda-tanda dalam iklan. Data yang dikumpulkan adalah berupa kata-kata, gambar dan bukan angka-angka. Selain itu, semua yang dikumpulkan kemungkinan menjadi kunci terhadap apa yang akan diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa produsen dalam dunia teknologi ASUS ingin mengkomunikasikan kepada audience bahwa dalam memperrtahankan hubungan dengan orang yang dicintai tidak jarang akan rusak hanya karena kesalahan dalam memberikan hadiah. Orang tercinta sering merasa kecewa dan marah yang ditunjukkan melalui ekspresi-ekspresi muka kesal dan atau marah. Demi menjaga hubungan tetap baik maka sikap menghargai perlu dimiliki setiap orang terutama wanita dalam menerima hadiah dan memilih hadiah yang sempurna, dengan memilih produk-produk dari ASUS.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PKP. 17 081 |
NIM/NIDN Creators: | 44313010035 |
Uncontrolled Keywords: | Iklan, ASUS |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran |
Depositing User: | NAJLA |
Date Deposited: | 07 May 2024 06:34 |
Last Modified: | 07 May 2024 06:34 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88560 |
Actions (login required)
View Item |