Analisis City Branding Kabupaten Gunungkidul Dengan Brand Handayani Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata

ANDIANI, TRI SYAHDA (2017) Analisis City Branding Kabupaten Gunungkidul Dengan Brand Handayani Dalam Mengembangkan Potensi Pariwisata. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HALAMAN COVER.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB I PENDAHULUAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (368kB)
[img] Text (BAB II)
BAB II TINJAUAN PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III METODOLOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (238kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Maraknya pemerintah menggalakkan peran pariwisata dalam meningkatkan devisa memiliki efek bagi masing – masing daerah untuk lebih mengembangkan potensi wisata daerahnya. Didukung dengan Undang – Undang Otonomi Daerah maka pemerintah memiliki kewenangan dalam mengelola potensi daerah. Untuk mengenalkan potensi – potensi daerah maka daerah memerlukan kegiatan branding. City Branding merupakan cara dalam mengenalkan potensi daerah. City Brandning dapat dilakukan jika berbagai unsur daerah terlibat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui City Branding yang dilakukan Kabupaten Gunungkidul dengan menggunakan teori Anholt dalam Hexagon City Branding. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif dengan metode Kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini membahas mengenai instrument – instrument yang terlibat dalam City Branding Kabupaten Gunungkidul. Instrumen – instrument tersebut meliputi brand, kebijakan, budaya, warga, investor dan wisatawan. Dengan demikian peneliti mampu memperoleh gambaran mengenai instrument – instrument yang yang telah terlibat dalam City Branding Kabupaten Gunungkidul Penelitian ini menyimpulkan bahwa proses city branding kabupaten Gunungkidul telah melibatkan instrument – instrument brand, kebijakan, budaya, warga, investor dan wisatawan. Keterlibatan instrument ini disesuaikan dengan kapasitas dan tujuan city branding Kabupaten Gunungkidul.City branding yang dilakukan oleh Kabupaten Gunungkidul disesuaikan dengan karakteristik, budaya serta warga local yang tercermin pada brand Kabupaten Gunungkidul yaitu Handayani. Serta citra yang ingin dibentuk dan juga target serta tujuan branding Kabupaten Gunungkidul. Instrument yang menonjol dari city branding Kabupaten Gunungkidul adalah aktivitas brand yang telah dilakukan sehingga berefek pada meningkatnya jumlah pengunjung tiap tahunnya sejak tahun 2011. Namun hal ini juga didukung oleh kebijakan – kebijakan pemerintah daerah Kabupaten Gunungkidul dalam melakukan branding untuk mengembangkan potensi wisata daerah.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 17 054
NIM/NIDN Creators: 44314110082
Uncontrolled Keywords: Branding, Analisis, Pariwisata
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.1 Advertising/Periklanan
900 Geography and History/Sejarah, Geografi dan Disiplin Ilmu yang Berkaitan > 910 Geography and Travel/Geografi dan Perjalanan > 910.1-910.9 Standard Subdivisions of Geography and Travel/Subdivisi Standar dari Geografi dan Perjalanan > 910.9 Historical, Geographic, Persons Treatment/Perawatan, Historis, Geografi > 910.92 Travelers/Turis, Wisatawan, Pelancong
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: NAJLA
Date Deposited: 06 May 2024 02:22
Last Modified: 06 May 2024 02:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/88522

Actions (login required)

View Item View Item