STRATEGI KOMUNIKASI OLEH KANTOR PENANGGULANGAN BENCANA KOTA DI PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENGEDUKASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Rawa Buaya Jakarta Barat)

SARI, NIRMA NURMALA (2017) STRATEGI KOMUNIKASI OLEH KANTOR PENANGGULANGAN BENCANA KOTA DI PROVINSI DKI JAKARTA DALAM MENGEDUKASI PENANGGULANGAN BENCANA BANJIR (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Rawa Buaya Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. HAL COVER.pdf

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (81kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (279kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (543kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (159kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kantor Penanggulangan Bencana Kota (KPBK) adalah sebuah lembaga khusus yang menangani penanggulangan bencana (PB) di daerah, khususnya tingkat kota, dibentuk berdasarkan amanat Undang-Undang No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana (UU 24/2007). Dalam penanggulangan bencana KPBK berkoordinasi dengan Pemerintah daerah dan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kantor Penanggulangan Bencana Kota dalam mengedukasi penanggulangan bencana banjir khususnya Rawa Buaya Jakarta Barat dengan membentuk program Kampung Siaga Bencana (KSB). Konsep penelitian berkaitan dengan edukasi, sosialisasi, informasi dan dorongan sesuai dengan strategi komunikasi 7C’s yang dikemukakan oleh Cutlip Center & Broom untuk mengimplementasikan program edukasi komunikasi yang didesain oleh Kantor Penanggulangan Bencana Kota dalam rangka mencapai tujuan program yang terdiri dari : Credibility (kredibilitas), Context (konteks), Content (isi), Clarity (kejelasan), Continuity and Consistency (kontinuitas dan konsistensi), Channel (saluran) serta Capability of the Audience (kapabilitas atau kemampuan audien). Adapun penelitian ini menggunakan paradigma Konstruktivisme dengan sifat penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan kualitatif studi kasus dengan melakukan wawancara mendalam kepada narasumber dengan hasilnya berupa transkip wawancara, dan data sekunder diperoleh dengan cara teknik dokumentasi dan study pustaka. Hasil penelitian membuktikan bahwa strategi komunikasi yang dilakukan oleh Kantor Penanggulangan Bencana Kota dalam mengedukasi penanggulangan bencana banjir dapat dikatakan berjalan sesuai dengan konsep 7C yang dikemukakan oleh Cutlip Center & Broom melalui sosialisasi dan edukasi.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 188
NIM/NIDN Creators: 44212120123
Uncontrolled Keywords: Strategi komunikasi oleh kantor penanggulangan bencana, (studi kasus pada masyarakat di rawa buaya
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 27 Mar 2024 04:07
Last Modified: 27 Mar 2024 04:07
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87650

Actions (login required)

View Item View Item