ARISTA, MARCIA (2017) PENGGUNAAN FACEBOOK OLEH PBAEL SEBAGAI SALURAN KOMUNIKASI KEPADA MAHASISWA REGULAR II : GUNA MENUNJANG PEMBELAJARAN E-LEARNING. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Hal Cover.pdf Download (777kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (190kB) |
||
Text (BAB III)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (408kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (178kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (524kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
8. Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) |
Abstract
Komunikasi dalam penggunaan facebook menjadi suatu proses komunikasi sebagai alat pembantu mendapatkan informasi yang dibutuhkan mahasiswa khususnya dalam penggunaan facebook oleh elearning UMB, dimana lebih dapat cepat diakses daripada website resminya. Didalam terdapat informasi yang memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi dan lebih bisa beriteraksi dengan adminnya langsung. Sejarah awal elearning UMB pada facebook dibangun adalah sejak tahun 2010. Penelitian ini menggunakan landasan teori komunikasi dari Rex Harlow yang melihat definisi itu beragam, dari yang sederhana sampai yang rumit. Beberapa defini yang lebih ringkas seperti :Penampilan bagus, dihargai masyarakat, PR adalah singkatan Performance-penampilan dan Recognitionpengakuan, Bekerja dengan baik, sehingga mendapat pujian, Tindakan yang diambil untuk menunjang hubungan yang menguntungkan dengan masyarakat umum, Usaha-usaha organisasi untuk mendapatkan kerjasama dari sekelompok orang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan melakukan wawancara tertulis kepada narasumber. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif karena dalam penelitian ini peneliti fokus pada efektifitas elearning UMB pada facebook yang lebih user friendly dibandingkan website resminya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa dari hasil penelitian, sebagian besar hasil yang dihasilkan dari wawancara dan pengelihatan langsung, efektifitas yang dihasilkan begitu besar, dilihat dari cara admin dengan mahasiswa berinteraksi langsung dan cepat tanggap dalam merespon kolom komentar dengan begitu banyak pertanyaan yang dilontarkan mahasiswa, admin PBAel dengan tanggap menjawabnya. Hasil ini sangat efektif dengan adanya fanpages elearning UMB pada facebook ini. mahasiswa lebih aktif membuka melalui media sosial Facebook dibandingkan dengan website resminya yang terkadang tidak bisa di akses dikarenakan gangguan saluran internet yang berat dan kurang user friendly.
Actions (login required)
View Item |