PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI LEMBAGA KURSUS BAHASA INTERNATIONAL LANGUANGE PROGRAM (ILP) BINTARO

SOPANDI, ADI (2017) PENGARUH KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI GURU DAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI LEMBAGA KURSUS BAHASA INTERNATIONAL LANGUANGE PROGRAM (ILP) BINTARO. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
0.Hal Cover.pdf

Download (644kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
1. Abstrak.pdf

Download (171kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (474kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAK A& LAMPIRAN)
7.Daftar Pustaka dan Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

satunya peranan guru sebagai mediator. Guru menjadi perantara dalam hubungan antara perusahaan dan siswa. Untuk itu guru harus terampil mempergunakan pengetahuan agar dalam berinteraksi dengan siswa dapat berjalan dengan baik. Akan tetapi komunikasi yang terjadi di ILP Bintaro kurang efektif karena terdapat beberapa permasalahan seperti: Tidak terjadinya komunikasi informil antara guru dan siswa, banyaknya murid yang dating terlambat, tidak datangnya siswa pada jam kursus berlangsung, dan banyaknya siswa yang tidak melanjutkan ke level selanjutnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauhmana pengaruh komunikasi antar pribadi guru dan siswa atau siswi terhadap motivasi belajar siswa-siswi Lembaga Kursus Bahasa International Language Program (ILP) Bintaro. Dengan menggunakan landasan teori efektif komunikasi antarpribadi didalam buku A. Joseph Devito yaitu Komunikasi Antar Manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian ekplanatif. Metode yang digunakanan adalah survey yaitu dengan membagikan kuesioner. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Oleh karena itu dalam penjumlahan didapatkan 74 responden. Penelitian ini membahas mengenai komunikasi antarpribadi yang dilakukan guru dengan siswa sesuai karakteristik komunikasi yang efektif yaitu keterbukaan, empati, dukungan,kepositifan dan kesetaraan yang dapat mempengaruhi motivasi belajar siswa atau siswi ILP Bintaro. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang positif dengan tingkat sedang antara komunikasi antarpribadi guru dan siswa terhadap motivasi belajar. Dan komunikasi antarpribadi di ILP Bintaro antara guru dan siswa terhadap motivasi belajar siswa-siswi berpengaruh sebesar 22,3% dan sisanya oleh factor lain. Berdasarkan hasil penelitian, adapun peneliti memberikan saran kepada guru agar bersikap lebih terbuka dan menjalin komunikasi informal yang dapat memberikan perhatian yang lebih besar terhadap siswanya agar siswa merasa lebih nyaman untuk bercerita dan bersikap terbuka sehingga suasana kelas menjadi lebih nyaman dan komunikasi berjalan lebih efektif.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 17 135
NIM/NIDN Creators: 44211110157
Uncontrolled Keywords: PENGARUH KOMUNIKASI , MOTIVASI BELAJAR SISWA-SISWI
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 26 Mar 2024 01:51
Last Modified: 26 Mar 2024 01:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87555

Actions (login required)

View Item View Item