PENGGUNAAN ACTION CAMERA SEBAGAI WADAH EKSISTENSI OLEH TRAVELER DI INSTAGRAM (Studi Kasus Terhadap Komunitas GoProid Yogyakarta Periode Foto dan Video Tahun 2015 - 2017 )

KUSUMAWATI, NUR (2017) PENGGUNAAN ACTION CAMERA SEBAGAI WADAH EKSISTENSI OLEH TRAVELER DI INSTAGRAM (Studi Kasus Terhadap Komunitas GoProid Yogyakarta Periode Foto dan Video Tahun 2015 - 2017 ). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
HAL COVER.pdf

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
abstrakk.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB I.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB III)
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (739kB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.PDF
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA&LAMPIRAN.PDF
Restricted to Registered users only

Download (329kB)

Abstract

Instagram dikategorikan sebagai media baru artinya dalam era dimana hampir semua orang menggunakan instagram dan menjadikan media sosial. Seperti yang dilakukan oleh komunitas GOPROID Yogyakarta mereka merupakan sekelompok orang pengguna kamera GoPro yang berkumpul menjadi sebuah komunitas dan membuat sebuah akun instagram sebagai wadah eksistensi mereka dengan membagikan hasil gambar atau video mereka. Mengacu pada teori new media untuk mendefinisikannya menghubungkan antara teknologi informasi dan komunikasi dengan konteks sosial yang berhubungan yang menyatukan tiga elemen : alat dan artefak teknologi, aktivitas, praktek, penggunaan, dan tatanan serta organisasi sosial yang terbentuk disekeliling alat dan praktik tersebut. Disini penulis menggunakan paradigma konstruktivis, yaitu menganggap subjek sebagai faktor sentral dalam kegiatan komunikasi serta hubungan-hubungan sosialnya. Tipe penelitian yang digunakan bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang secara sistematis,faktual,dan akurat tentang fakta - fakta dan sifat – sifat populasi atau objek tertentu. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa instagram yang digunakan dijadikan sebagai wadah eksistensi oleh komunitas GOPROID Yogyakarta yang terbuka secara umum oleh siapapun. Dan juga menggunakan Action Camera sebgaimana fungsinya.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/BRD. 17 093
NIM/NIDN Creators: 44112110094
Uncontrolled Keywords: PENGGUNAAN ACTION CAMERA
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 770 Photography and Photographs/Seni Fotografi dan Foto
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: SHAFAUSSARIRAH
Date Deposited: 23 Mar 2024 05:42
Last Modified: 23 Mar 2024 05:42
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87445

Actions (login required)

View Item View Item