HUBUNGAN AKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA ANGKATAN 2023

YUNITA, MEGA (2024) HUBUNGAN AKTIVITAS PENGGUNAAN INSTAGRAM DENGAN EKSISTENSI DIRI PADA MAHASISWA UNIVERSITAS MERCU BUANA ANGKATAN 2023. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
COVER.pdf

Download (486kB)
[img] Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)

Abstract

In the digital era, the existence is often related to how often a person is on online platforms and how their time is spent browsing the timeline, stalking, or other activities.This study aims to investigate the relationship between Instagram usage activity and self-existence among students of the Public Relations Department, Class of 2023, at Universitas Mercu Buana, using the positivist paradigm aimed at scientifically explaining cause-and-effect laws so that humans can predict or control events. The theory used is the uses and gratification theory as well as aspects related to self-existence and activities in social media.The research method applied is quantitative method with a sample selection technique using simple random sampling with the Slovin formula, resulting in a sample of 150 students. Data were collected through questionnaires with Likert scale assessments. Other secondary data include journals and other supporting references. The results of the study indicated that the hypothesis was accepted, showing a significant relationship between Instagram usage activity and self-existence among students of the Public Relations Department, Class of 2023, at Universitas Mercu Buana. The product moment correlation coefficient was 0.652, indicating a strong relationship between the two variables. Students' activities on Instagram show diversity in the categories of social media usage, reflecting how they utilize the platform to meet various personal needs and motives. Additionally, this research also highlights the importance of impression management tactics where students can influence others' perceptions of their self-existence through Instagram usage. Keywords: Instagram Usage Activity, Self-Existence, Instagram Pada era digital, eksistensi sering terkait dengan seberapa sering seseorang berada di platform online dan bagaimana waktu mereka dihabiskan dengan melakukan melihat beranda, stalking, atau aktivitas lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi hubungan antara aktivitas penggunaan Instagram dan eksistensi diri pada mahasiswa Jurusan Public Relations Angkatan 2023 di Universitas Mercu Buana, dengan menggunakan paradigma positivis yang bertujuan untuk menjelaskan secara ilmiah hukum sebab-akibat agar manusia dapat meramalkan atau mengendalikan peristiwa. Teori yang digunakan adalah uses and gratification theory serta aspek yang dimuat dalam eksistensi diri dan aktivitas dalam bermedia social. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan rumus Slovin, yang menghasilkan sampel sebanyak 150 mahasiswa. Data dikumpulkan melalui kuesioner dengan penilaian skala Likert. Serta data sekunder lainnya adalah jurnal dan referensi yang mendukung lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan diterima, menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara aktivitas penggunaan Instagram dengan eksistensi diri mahasiswa Public Relations Angkatan 2023 di Universitas Mercu Buana. Koefisien korelasi product moment sebesar 0,652, menunjukkan hubungan yang kuat antara kedua variabel tersebut. Aktivitas mahasiswa pada Instagram menunjukkan keberagaman dalam kategori penggunaan media sosial, yang mencerminkan cara mereka memanfaatkan platform tersebut untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan motif pribadi mereka. Selain itu, penelitian ini juga menyoroti pentingnya taktik impression management di mana mahasiswa dapat memengaruhi persepsi orang lain terhadap eksistensi diri mereka melalui penggunaan Instagram. Kata Kunci: Aktivitas Penggunaan Instagram, Ekstensi Diri, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 075
NIM/NIDN Creators: 44217110196
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Penggunaan Instagram, Ekstensi Diri, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 110 Metaphysics/Metafisika > 111 Ontology/Hakekat, Kebenaran, Eksistensi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 22 Mar 2024 03:55
Last Modified: 22 Mar 2024 03:55
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/87394

Actions (login required)

View Item View Item