PUTRI, ZAHWA ALFIANY (2024) KOMUNIKASI LINGKUNGAN DALAM EDUKASI PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK MELALUI METODE 3R (REDUCE, REUSE, & RECYCLE) (Pelaksanaan dan Evaluasi Kegiatan di RW 05 Kelurahan Slipi Jakarta Barat). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (453kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (101kB) |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (165kB) |
|
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
|
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
|
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (208kB) |
|
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text (BAB VI)
08 BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (35kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
10 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Abstract
Humans and the environment are two elements that cannot be separated and are interconnected with each other. As living creatures with intelligence, humans often do not protect and preserve the surrounding environment, So environmental problems often arise due to human activities, one of which is the accumulation of rubbish. One way to manage waste, especially plastic waste, is through the 3R method. The concept of 3R, namely Reduce, Reuse, Recycle. Communication has a very important role in providing education to the public regarding plastic waste management. One form of communication that can be applied to educate is environmental communication From the results of observations, it is known that children do not yet know the concept of the 3R method as a way to manage waste accumulation in DKI Jakarta. TAPN's partner is RW 05, Slipi Village, West Jakarta. There are several problems faced by partners where children in the area do not yet have knowledge regarding the types of waste and 3R methods in the surrounding environment. In this assistance, the implementation of education has a role in carrying out activities by delivering material and carrying out practices related to plastic waste management using the 3R method. Meanwhile, evaluation is carried out by giving forms to accompanying participants and analyzed using the CIPP method. Implementation and evaluation in this assistance is really needed as a concrete form of planning and as a benchmark for activities after they are implemented. The results of this mentoring are considered to really help the problems faced by partners where the mentoring participants understand and implement waste management using the 3R method by reducing single-use plastic and using plastic cup waste as a place to put stationery. Apart from that, accompanying participants were also given a pocket book as a further learning module and for them to convey the information they obtained to their friends. Supporting factors in this activity are good facilities, the presence of external presenters, and a strategic regional location. Meanwhile, the inhibiting factors in TAPN activities are activity funds and a lack of human resources. Keywords: Environmental Communication, Education. Waste, 3R Method Manusia dan lingkungan merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan dan saling berhubungan satu sama lain. Sebagai makhluk hidup yang memiliki akal, manusia sering kali tidak menjaga dan melestarikan lingkungan sekitarnya, sehingga sering timbul permasalahan lingkungan yang terjadi akibat ulah manusia, salah satunya ialah penumpukkan sampah. Salah satu cara untuk mengelola sampah khususnya sampah plastik, yakni melalui metode 3R. Konsep dari 3R, yakni Reduce, Reuse, Recycle. Komunikasi memiliki peran yang sangat penting untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap pengelolaan sampah plastik. Salah satu bentuk komunikasi yang dapat diterapkan untuk mengedukasi adalah komunikasi lingkungan. Dari hasil pengamatan diketahui bahwa anak-anak belum mengetahui konsep metode 3R sebagai salah satu cara mengelola penumpukan sampah di DKI Jakarta. Mitra dari TAPN ini adalah RW 05, Kelurahan Slipi, Jakarta Barat. Terdapat beberapa permasalahan yang dihadapi mitra dimana anak-anak wilayah tersebut belum mendapatkan pengetahuan terkait jenis-jenis sampah dan metode 3R di lingkungan sekitarnya. Dalam pendampingan ini pelaksanaan edukasi mempunyai peran untuk melaksanakan kegiatan dengan penyampaian materi dan melakukan praktek terkait pengelolaan sampah plastik dengan metode 3R. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan memberikan form kepada peserta pendamping dan dianalisa menggunakan metode CIPP. Pelaksanaan dan Evaluasi dalam pendampingan ini sangat dibutuhkan sebagai bentuk nyata dari perencanaan dan sebagai tolak ukur kegiatan setelah dilaksanakan. Hasil pendampingan ini dinilai sangat membantu permasalahan yang dihadapi oleh mitra dimana peserta pendamping memahami dan mengimplementasikan pengelolaan sampah menggunakan metode 3R dengan mengurangi plastik sekali pakai dan memanfaatkan sampah gelas plastik menjadi tempat menaruh alat-alat tulis. Selain itu, peserta pendamping juga diberikan buku saku sebagai modul pembelajaran lebih lanjut dan agar mereka menyampaikan informasi yang didapat kepada teman sebayanya. Faktor pendukung dalam kegiatan ini adalah fasilitas yang baik, kehadiran pemateri eksternal, dan lokasi wilayah yang strategis. Sedangkan faktor penghambat dalam kegiatan TAPN ialah dana kegiatan dan kekurangannya sumber daya manusia. Kata Kunci: Komunikasi Lingkungan, Edukasi. Sampah, Metode 3R
Actions (login required)
View Item |