STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS SEKRETARIAT KABINET REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGHADAPI BERITA PENUNDAAN PEMILU TAHUN 2024

YUANDI, ODETA (2024) STRATEGI MANAJEMEN ISU HUMAS SEKRETARIAT KABINET REPUBLIK INDONESIA DALAM MENGHADAPI BERITA PENUNDAAN PEMILU TAHUN 2024. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (480kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (198kB)
[img] Text (BAB I)
03 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (126kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (171kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (823kB)

Abstract

Management strategies need to be carried out by public relations in an agency because the presence of public relations in an agency has a very important role in the sustainability of agency management. In dealing with an issue, public relations needs to have a strategy that can precisely match the targets and strategies carried out to produce optimal results. The purpose of this research is to determine the stages of the public relations issue management strategy of the Republic of Indonesia Cabinet Secretariat in dealing with news of the postponement of the 2024 elections. In this research, there are 7 (seven) previous studies with relevant topics. The theories used include strategy, issues, issue management, public relations,government public relations, organizational communications, and media relations The research method used is a case study with a qualitative approach. Researchers use the theory of issues management strategy stages by Johnston, 2007; Regester & Larkin, 2008; Seitel, 2001) in (Kriyanto, 2012). The data obtained in this research are Primary and Secondary. Primary data in this research was obtained by interviews, while secondary data was obtained by literature study and documentation. This research focuses on the stages of the public relations issue management strategy of the Republic of Indonesia Cabinet Secretariat in dealing with news of the postponement of the 2024 elections. The results of the research show that the issue of postponing elections is a problem because it has spread to the public so that there is a need for an issue management strategy starting from, Issue Identification (Issue Identification) by monitoring news, analyzing issues (Issue Analysis) by categorizing issues,Action Planning Stage with using the “ReactiveChange Strategy”, Program Implementation (Issue Action Program) with public relations only conveying the issue to the part that executes, namely the substance, to the Continuous Process (Continuing Circle Process) seen from the communication with the media going well. Keywords : Strategy, Issue Management, Public Relations, Election Postponement Strategi manajemen perlu dilakukan oleh humas dalam suatu intansi karena kehadiran humas dalam suatu instansi memiliki peran yang sangat penting dalam keberlangsungan manajemen instansi. Dalam menghadapi suatu isu, humas perlu memiliki strategi yang dapat dengan tepat sesuai dengan sasaran dan strategi yang dilakukan untuk menghasilkan capaian yang optimal. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui tahapan strategi manajemen isu humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia dalam menghadapi berita penundaan pemilu tahun 2024. Dalam penelitian ini, terdapat 7 (tujuh) penelitian terdahulu dengan topik yang relevan. Teori-teori yang digunakan meliputi strategi, isu, manajemen isu, humas, government public relations, komunikasi organisasi, dan media relations. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Peneliti menggunakan teori tahapan strategi manajemen isu oleh Johnston,2007; Regester & Larkin, 2008; Seitel,2001) dalam (Kriyanto, 2012). Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu Primer dan Sekunder. Data Primer dalam penelitian ini diperoleh dengan wawancara, sedangkan data Sekunder diperoleh dengan studi literatur dan dokumentasi. Penelitian ini berfokus pada bagaimana tahapan strategi manajemen isu humas Sekretariat Kabinet Republik Indonesia dalam menghadapi berita penundaan Pemilu tahun 2024. Hasil penelitian menunjukkan bahwa isu penundaan pemilu menjadi suatu masalah karena telah meluas ke publik sehingga perlu adanya strategi manjemen isu yang dilakukan mulai dari, Identifikasi Isu (Issue Identification) dengan melakukan monitoring berita, Analisis Isu (Issue Analysis) dengan melakukan pengkategorian isu, Action Planning Stage dengan menggunakan strategi “Reactive Change Strategy”, Pelaksanaan Program (Issue Action Program) dengan humas hanya menyampaikan isu kebagian yang mekeseksusi yaitu substansi, hingga Proses Berkesinambungan (Continuing Circle Process) dilihat dari komunikasi dengan media berjalan dengan baik. Kata Kunci : Strategi, Manajemen Isu, Humas, Penundaan Pemilu

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 24 044
Call Number: SK/42/24/024
NIM/NIDN Creators: 44220010219
Uncontrolled Keywords: Strategi, Manajemen Isu, Humas, Penundaan Pemilu
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.4 Journalism/Jurnalisme, Jurnalistik, Pers > 070.43 Reporting and News Gathering/Liputan Berita, Laporan dan Pengumpulan Berita
200 Religion/Agama > 240 Christian Moral and Devotional Theology/Moral Kristen dan Teologi Kebaktian > 241 Moral Theology/Teologi Moral dalam Agama Kristen > 241.6 Specific Moral Issues/Isu Moral Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 790 Recreational and Performing Arts/Olah Raga dan Seni Pertunjukan > 794 Indoor Games of Skill/Permainan Ketangkasan dalam Ruangan > 794.1 Chess/Catur > 794.12 Strategy and Tactics/Strategi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 15 Feb 2024 09:01
Last Modified: 15 Feb 2024 09:01
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86116

Actions (login required)

View Item View Item