SUSILA INSANI, T.M. (2019) STRATEGI HUMAS DIREKTORAT JENDERAL KETENAGALISTRIKAN UNTUK MENINGKATKAN PELAYANAN INFORMASI PUBLIK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text
01. HALAMAN JUDUL.pdf Download (123kB) | Preview |
|
|
Text
02. LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Download (62kB) | Preview |
|
|
Text
O3. LEMBAR TANDA LULUS SIODANG.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
04. LEMBAR P[ENGESAHAN PERBAIKAN.pdf Download (75kB) | Preview |
|
|
Text
05. LEMBAR PERNYATAAN KARYA SENDIRI8.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
06. ABSTRAK.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text
07. KATA PENGANTAR.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
08. DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
09. DAFTAR GAMBAR.pdf Download (104kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (212kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (742kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
||
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
||
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (650kB) |
Abstract
Pelayanan informasi publik merupakan suatu program yang dilakukan Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan dalam rangka menjalankan UU KIP dan SK PPID 2018 dalam Keputusan Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Nomor 339 K/03/DJL.1/2018 tentang Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumetasi di Direktorat Jenderal.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui strategi yang dilakukan oleh Humas Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan untuk meningkatkan pelayanan informasi publik dilihat dari empat manajemen strategi yaitu mendefiniskan problem, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dan berkomunikasi dan mengevaluasi program. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan observasi lapangan dan wawancara mendalam sebagai teknik untuk mengupulkan data. Wawancara mendalam dilakukan kepada 3 orang informan yang menjabat sebagai Kepala Bagian Rencana dan Laporan serta Humas Pranata sebagai key informan dan second informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan oleh Humas Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan untuk meningkatkan pelayanan informasi publik adalah dengan membentuk jaringan komunikasi melalui group Whatss App dan penyebaran informasi melalui media sosial. Hal ini sesuai dengan teori Media baru yang dikemukakan oleh Mark Poster. Langkah strategi yang dilaksanakan oleh Humas Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan sesuai dengan konsep teori Cutlip & Center. Empat strategi dalam program pelayanan informasi publikdi Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan oleh bidang Humas yang termasuk dalam Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) meliputi pembentukan WhatsApp Group PPID , mendefiniskan problem dilakukan dengan menganalisis situasi internal dan eksternal; perencanaan dan pemrograman yaitu dengan mengembankan infromasi ke media sosial serta melakukan sosialisasi untuk menjangkau khalayak luas; mengabil tindakan dan berkomunikasi dengan membentuk Group WhatsApp PPID dan Call Center 136; mengevaluasi program dengan melaukan survey secara berkala.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44215210035 |
Uncontrolled Keywords: | Strategi Humas, Teori Media Baru, Pelayanan Informasi Publik, Humas Pemerintahan |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 15 Feb 2024 06:14 |
Last Modified: | 15 Feb 2024 06:14 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/86097 |
Actions (login required)
View Item |