ANALISIS PENGARUH PERAN MEDIA SOSIAL, BRAND ELEMENTS, DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK LOKAL SOMETHINC PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Serum Somethinc)

AZZAHRA, DINDA (2024) ANALISIS PENGARUH PERAN MEDIA SOSIAL, BRAND ELEMENTS, DAN CONTENT MARKETING TERHADAP MINAT BELI PRODUK LOKAL SOMETHINC PADA GENERASI Z (Studi Kasus Pada Serum Somethinc). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (386kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (91kB)
[img] Text (BAB I)
03. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (375kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (292kB)

Abstract

In contemporary society, the importance of self-care has become increasingly prevalent. The use of skincare products is one way to meet the self-care needs, with a particular focus on skin health, especially facial skin. Somethinc, as a skincare brand, actively participates in providing skincare products in Indonesia. This research is aimed at assessing the impact of the role of social media, brand elements, and content marketing on the purchasing interest of Somethinc products among Generation Z. The study population comprises individuals over 17 years old, representing Generation Z, selected through purposive sampling. The sample size for this research consisted of 200 respondents. Data was collected using a questionnaire, and data analysis was conducted using the SEM-PLS analysis technique with the SPSS and SmartPLS software. The findings of this study indicate that The Role Social Media exerts a positive and significant influence on the purchasing interest of Somethinc serum among Generation Z, while Brand Elements and Content Marketing also have a positive and significant impact on the purchasing interest of Somethinc serum in this demographic group. Keywords: The Role of Social Media, Brand Elements, Content Marketing, Purchase Intention Dalam kehidupan saat ini, kebutuhan akan perawatan diri semakin marak dilakukan. Penggunaan skincare merupakan salah satu usaha yang dilakukan dalam pemenuhan kebutuhan akan perawatan diri yang berfokus pada kesehatan kulit, terutama pada kulit wajah. Somethinc sebagai salah satu brand skincare turut berpartisipasi sebagai penyedia produk perawatan kulit di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peran media sosial, brand elements, dan content marketing terhadap minat beli produk lokal Somethinc pada generasi Z. Populasi dalam penelitian ini adalah orang-orang yang berusia diatas 17 tahun atau Generasi Z yang ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, sampel pada penelitian ini berjumlah 200 sampel. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan olah data yang dilakukan dengan teknik analisis SEM-PLS menggunakan perangkat lunak SPSS dan SmartPLS. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa peran media sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serum somethinc pada genarasi z, brand elements berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serum somethinc pada generasi z, dan content marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli serum somethinc pada generasi z. Kata Kunci: Peran Media Sosial, Brand Elements, Content Marketing, Minat Beli

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FE/MJ. 24 029
Call Number: SE/31/24/016
NIM/NIDN Creators: 43119010362
Uncontrolled Keywords: Peran Media Sosial, Brand Elements, Content Marketing, Minat Beli
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.7 General Bibliographies of Works Having Specific Kinds of Content/Bibliografi Umum Pekerjaan yang Memiliki Jenis Konten Tertentu
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 720 Architecture/Arsitektur > 721 Architectural Structure/Struktur Arsitektur > 721.8 Other Elements/Elemen Lainnya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 06 Feb 2024 02:22
Last Modified: 06 Feb 2024 02:22
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85867

Actions (login required)

View Item View Item