VIRNE SHEILA, FAUZIA (2018) PERAN PUBLIC RELATION PT. KERETA COMMUTER INDONESIA DALAM MELAKUKAN HUBUNGAN DENGAN KOMUNITAS PENGGUNA KRL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text
1. Halaman Judul.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text
3. Surat Pernyataan.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
5. Kata Pengantar.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text
6. Daftar Isi.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
7. Daftar Gambar.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
8. Daftar Lampiran.pdf Download (22kB) | Preview |
|
Text
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (259kB) |
||
Text
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (187kB) |
||
Text
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (151kB) |
||
Text
16. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (157kB) |
||
Text
17.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (797kB) |
Abstract
PT.KCI adalah perusahaan yang melayani jasa KRL Commuterline dengan jumlah penumpang mencapai 1 juta per harinya. Salah satu peran Public Relations PT.KCI adalah untuk menjadi fasilitator komunikasi antara perusahaan dengan konsumen yaitu pengguna jasa KRL demi menciptakan mutual understanding dan untuk mendapatkan feedback / timbal balik yang positif dari sisi konsumen. Masalah yang akan diteliti adalah bagaimana peran Public Relations PT. KCI dalam melakukan hubungan dengan komunitas pengguna KRL dan bahaimana hubungan yang dibina dengan komunitas pengguna KRL. Penelitian ini menggunakan landasan teori peran humas menurut Dozier & Broom. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan wawancara mendalam kepada empat narasumber. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa public relation yang dijalankan oleh divisi coorporate communication dan divisi customer care & QA PT.KCI telah bertindak sebagai praktisi Public Relation. Sebagai penasihat ahli dalam membuat kebijakan dan juga kegiatan dengan komunitas, juga berperan sebagai pemecah masalah dalam keadaan krisis perusahaan dengan konsumen. sebagai fasilitator komunikasi pelanggan dan perusahaan dengan menjadi pemberi informasi perusahaan dan menjadi wadah kritik, saran dan masukan dari komunitas pelanggan terhadap perusahaan, serta sebagai teknisi komunikasi dalam kegiatan perusahaan. Hubungan yang dijalin antara PT.KCI dengan komunitas pengguna KRL berjalan dengan baik dengan adanya kegiatan sosialisasi, gathering untuk menjaga baik hubungan perusahaan dan pelanggan. Dapat disimpulkan keempat peran humas telah dijalankan oleh divisi Coorporate Communication dan divisi Customer Care &QA. Peneliti menilai bahwa humas sangat berperan dalam menjaga hubungan antara PT.KCI dan juga Komunitas pengguna KRL agar pelanggan tetap loyal terhadap perusahaan.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
NIM/NIDN Creators: | 44214310028 |
Uncontrolled Keywords: | Peran Hubungan Masyarakat, Hubungan Pelanggan, Komunitas. |
Subjects: | 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | siti maisyaroh |
Date Deposited: | 13 Jan 2024 08:00 |
Last Modified: | 13 Jan 2024 08:00 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/85361 |
Actions (login required)
View Item |