PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PLESBOL.INC TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI SEPAK BOLA (Survey Pada Followers @plesbol.inc)

KUSHIDAYAH, DIMAS HAFIDZ (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @PLESBOL.INC TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI SEPAK BOLA (Survey Pada Followers @plesbol.inc). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (402kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (130kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (249kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (408kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)

Abstract

As time progresses, humans are shifting from conventional media (newspapers, television, magazines, and billboards) to social media platforms such as Instagram. Various types of information are available on Instagram, ranging from entertainment to soccer-related content. Consequently, many companies, institutions, and organizations, like the Instagram account @Plesbol.Inc, use it as a means to disseminate information.. The aim of this research is to understand and explain the impact of using the social media platform Instagram, specifically @Plesbol.Inc, on fulfilling soccer-related information needs. This study is based on Chris Heuer's 4C theory, which outlines the components necessary in utilizing social media effectively to achieve intended goals. The data collection technique employed in this research is a survey conducted through a questionnaire. The research type used is explanatory with a quantitative approach. The population for this study consists of the followers of the Instagram account @plesbol.inc, totaling 100 respondents. The research findings indicate that, based on a simple linear regression test, there is a strong relationship between the influence of using the social media platform Instagram @Plesbol.Inc and the fulfillment of soccer-related information needs. According to the Pearson Correlations results, variables X and Y show that the use of the social media platform Instagram @Plesbol.Inc has an impact on fulfilling soccer-related information needs. Keywords:Instagram Social Media, Football Information Needs, Seiring dengan perkembangan jaman manusia mulai beralih dari media konvensional (koran, televisi, majalah dan billboard) ke media social seperti Instagram. Terdapat berbagai macam jenis informasi dalam media social Instagram seperti informasi seputar hiburan dan sepakbola. Oleh karena itu banyak perusahaan, instansi, maupun organisasi yang menggunakan Instagram sebagai media untuk menyampaikan informasi salah satunya adalah akun Instagram @Plesbol.Inc. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh penggunaan media sosial Instagram @Plesbol.Inc terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sepakbola. Penelitian ini menggunakan landasan teori 4C dari Chris Heuer yang menjelaskan tentang komponen – komponen yang harus ada dalam setiap penggunaan media sosial agar mudah digunakan untuk memenuhi tujuan dari penggunaan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah menggunakan metode survei dengan menyebar kesioner. Tipe penelitian yang digunakan adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah followers akun instagram @plesbol.inc dengan total 100 responden.. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa berdasarkan uji regresi linear sederhana terdapat hubungan yang kuat antara variabel pengaruh penggunan media sosial Instagram @Plesbol.Inc terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sepakbola. Berdasarkan hasil Pearson Correlations variabel X dan Y terdapat pengaruh penggunan media sosial Instagram @Plesbol.Inc terhadap pemenuhan kebutuhan informasi sepakbola. Kata Kunci: Media Sosial Instagram, Kebutuhan Informasi Sepakbola

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 216
NIM/NIDN Creators: 44218010082
Uncontrolled Keywords: Media Sosial Instagram, Kebutuhan Informasi Sepakbola
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 360 Social Problems and Services/Permasalahan dan Kesejahteraan Sosial
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Penyiaran
Depositing User: khalimah
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:24
Last Modified: 27 Dec 2023 04:24
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84917

Actions (login required)

View Item View Item