PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING CONTENT CREATOR GENERASI Z

DANNA, SURYA (2021) PEMANFAATAN APLIKASI TIKTOK SEBAGAI MEDIA PERSONAL BRANDING CONTENT CREATOR GENERASI Z. S1 thesis, Universitas Mercu Buana.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER.pdf

Download (677kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB)
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (395kB)
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (218kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

TikTok yang awalnya memiliki citra buruk di masyarakat kini telah berubah menjadi jejaring sosial yang digandrungi hingga dimanfaatkan sebagai media personal branding oleh masyarakat khususnya bagi content creator generasi Z seperti @dolan.aja @irmasptan @albatross_ex dan @novalsalim. Bagaimana dan apa yang menyebabkan content creator generasi Z memanfaatkan aplikasi TikTok menjadi menarik untuk diteliti demi menjelaskan bagaimana pembentukan personal branding melalui pemanfaatan aplikasi TikTok itu sendiri. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui, menjelaskan, serta mendeskripsikan bagaimana pemanfaatan aplikasi TikTok sebagai media personal branding content creator generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan paradigma konstruktivisme. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan didukung oleh data primer lainnya yang diperoleh melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata-kata serta kumpulan gambar dengan subjek penelitian. Hasil peneilitian ini menunjukkan bahwasanya content creator generasi Z memanfaatkan aplikasi TikTok sebagai media personal branding melalui penyebaran konten-konten yang mereka buat sesuai ciri khasnya masing-masing. Bentuk komunikasi yang dilakukan oleh content creator melalu konten yang mereka buat dikategorikan sebagai komunikasi visual dengan tetap menggunakan baik komunikasi verbal maupun non verbal. Ketertarikan content creator generasi Z menggunakan TikTok dikarenakan TikTok memiliki sifat yang mudah dalam penyebaran konten tanpa memandang jumlah pengikut. Pembentukan personal brand content creator pun sesuai dengan konsep yang dikemukakan oleh Montoya dan Vandehey dimana harus memiliki point spesialisasi, kepemimpinan, kepribadian, perbedaan, kenampakan, kesatuan, keteguhan, serta nama baik. Kata Kunci : Personal Branding, Content Creator, Generasi Z, TikTok.

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217120032
Uncontrolled Keywords: Personal Branding, Content Creator, Generasi Z, TikTok.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
700 Arts/Seni, Seni Rupa, Kesenian > 780 Music/Seni Musik > 780.1-780.9 Standard Subdivisions of Music/Subdivisi Standar Dari Seni Musik > 780.1 Philosophy of Music/Filsafat Seni Musik > 780.14 Language and Communication/Bahasa dan Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 29 Nov 2023 04:08
Last Modified: 29 Nov 2023 04:08
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/84391

Actions (login required)

View Item View Item