MUSTAQIM, MOHAMMAD HAKIM (2023) PENGARUH KOMPETENSI DAN STRES KERJA TERHADAP KINERJA DENGAN KEPUASAN KERJA SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA GURU SEKOLAH DASAR DI BINAAN V CIPINANG BESAR SELATAN. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
Text (HAL COVER)
01.Cover.pdf Download (286kB) |
|
Text (ABSTRAK)
02.Abstrak.pdf Download (28kB) |
|
Text (BAB I)
03.Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (209kB) |
|
Text (BAB II)
04.Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (267kB) |
|
Text (BAB III)
05.Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (198kB) |
|
Text (BAB IV)
06.Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
Text (BAB V)
07.Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (50kB) |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08.Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
09.Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (865kB) |
Abstract
This research aims to investigate the influence of competence and work Stres on the performance of elementary school teachers, with job satisfaction as a mediating variable. The research utilizes a quantitative causal research method with a population of 161 elementary school teachers in Binaan V Cipinang Besar Selatan. The sample for this study is saturated. The data analysis method uses the PLS-SEM technique. The results of the research indicate that teacher commitment has a positive and significant impact on teacher performance. Among the dimensions of teacher commitment, the personality competence dimension has the greatest influence on teacher performance. Additionally, work Stres has a negative and significant impact on teacher performance, with the individual factors dimension of work Stres having the greatest influence. The study also found that teacher commitment has a positive and significant impact on job satisfaction. The personality competence dimension within teacher commitment has the greatest influence on job satisfaction. Furthermore, work Stres has a negative and significant impact on job satisfaction, with the response to ambiguity dimension of work Stres having the greatest influence. Moreover, the research demonstrates that job satisfaction has a positive and significant impact on teacher performance. The peer dimension within job satisfaction has the greatest influence on teacher performance. The study also revealed that job satisfaction can mediate the relationship between teacher competence and teacher performance, with a Complimentary Effect as the mediating effect. Similarly, job satisfaction can mediate the relationship between work Stres and teacher performance, also with a Complimentary Effect as the mediating effect. Keyword : Teacher Competence, Work Stres, Job Satisfaction, Teacher Performance, Elementary School Teacher Penelitian ini bertujuan untuk meneliti dampak kompetensi dan stres kerja terhadap kinerja guru di sekolah dasar, dengan kepuasan kerja sebagai variabel mediator. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kausal kuantitatif dengan populasi sebanyak 161 guru di sekolah dasar Binaan V Cipinang Besar Selatan. Sampel dalam penelitian ini telah mencakup seluruh populasi yang ada. Metode analisis data menggunakan tekanik SEM PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komitmen guru memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Di antara dimensi komitmen guru, kompetensi kepribadian memiliki pengaruh terbesar dalam mempengaruhi kinerja guru. Selain itu, stres kerja memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap kinerja guru, dengan faktor individu dalam stres kerja memiliki pengaruh terbesar. Selanjutnya, penelitian ini juga menemukan bahwa komitmen guru memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kepuasan kerja. Dimensi kompetensi kepribadian dalam komitmen guru memiliki pengaruh terbesar terhadap kepuasan kerja. Di sisi lain, stres kerja memiliki dampak negatif dan signifikan terhadap kepuasan kerja, dengan faktor respon terhadap ambiguitas dalam stres kerja memiliki pengaruh terbesar. Selain itu, penelitian ini menunjukkan bahwa kepuasan kerja memiliki dampak positif dan signifikan terhadap kinerja guru. Dimensi rekan kerja dalam kepuasan kerja memiliki pengaruh terbesar dalam mempengaruhi kinerja guru. Penelitian ini juga menemukan bahwa kepuasan kerja dapat berfungsi sebagai variabel mediator antara kompetensi guru dan kinerja guru, dengan efek mediasi yang terjadi adalah Complimentary Effect. Demikian pula, kepuasan kerja juga dapat menjadi variabel mediator antara stres kerja dan kinerja guru, dengan efek mediasi yang terjadi juga adalah Complimentary Effect. Kata Kunci : Kompetensi Guru, Stres Kerja, Kepuasan Kerja, Kinerja Guru, Guru Sekolah Dasar
Actions (login required)
View Item |