Hubungan Kinerja Mutu Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja, Pekerjaan Ulang dan Kepuasan Pelanggan Pada Proyek Perumahan di Tangerang Selatan

BUDINATA, TANZIL (2021) Hubungan Kinerja Mutu Terhadap Produktivitas Tenaga Kerja, Pekerjaan Ulang dan Kepuasan Pelanggan Pada Proyek Perumahan di Tangerang Selatan. S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01. COVER TESIS.pdf

Download (516kB)
[img] Text (BAB I)
02. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB)
[img] Text (BAB II)
03. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (296kB)
[img] Text (BAB III)
04. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text (BAB IV)
05. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text (BAB V)
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (86kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07. Daftar Pustaka Halaman.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Proyek perumahan memiliki tingkat pertumbuhan yang tinggi dari waktu ke waktu. Namun, sektor ini rentan terhadap permasalahan kegagalan mutu pekerjaan yang berdampak terhadap kinerja proyek secara keseluruhan. Dikarenakan, proyek perumahan umumnya dikerjakan oleh perusahaan konstruksi skala kecil hingga menengah yang belum memiliki sistem manajemen mutu yang memadai dalam mengelola operasional lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai hubungan faktor – faktor yang mempengaruhi kinerja mutu terhadap produktivitas tenaga kerja, pekerjaan ulang (rework), dan kepuasan pelanggan pada proyek pengembangan kawasan perumahan di wilayah Tangerang Selatan – Banten dengan mengambil studi kasus pada proyek perumahan Nava Park yang berlokasi di Kawasan niaga Bumi Serpong Damai kota Tangerang Selatan. Dari hasil analisis model menggunakan smartPLS, didapatkan kesimpulan bahwa Kinerja Mutu memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap Produktivitas Tenaga Kerja dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar 0,496. Artinya, semakin baik Kinerja Mutu, maka Produktivitas Tenaga Kerja akan semakin baik. Untuk rework, variable eksogen memberikan pengaruh yang cukup besar terhadap variable endogen, dengan nilai koefisien jalur (β) sebesar -0,558. Sehingga, semakin baik Kinerja Mutu, maka Rework akan berkurang. Sedangkan untuk Kepuasan Pelanggan, variabel eksogen juga memberikan pengaruh yang besar dengan nilai koefiein jalur (β) sebesar 0,325. Dengan demikian, semakin baik Kinerja Mutu, maka Kepuasan Pelanggan juga akan semakin baik. Disamping itu, penelitian ini juga memeriksa hubungan variable endogen Produktivitas Tenaga Kerja dan Rework terhadap Kepuasan Pelanggan. Dari analisis data di dapatkan bahwa, variabel endogen Produktivitas Tenaga Kerja memberikan pengaruh terhadap variable endogen Kepuasan pelanggan (KP) dengan nilai koefisien jalur sebesar 0.357. Sehingga, semakin baik Produktivitas Tenaga Kerja, maka Kepuasan pelanggan akan semakin baik. Sedangkan untuk variabel endogen Rework, juga memberikan pengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dengan nilai koefisien jalur -0.276. Sehingga, semakin besar Rework, maka Kepuasan Pelanggan akan menjadi berkurang. Kata kunci: proyek perumahan, produktivitas tenaga kerja, rework, kepuasan pelanggan, PLS – SEM

Item Type: Thesis (S2)
NIM/NIDN Creators: 55718110017
Uncontrolled Keywords: proyek perumahan, produktivitas tenaga kerja, rework, kepuasan pelanggan, PLS – SEM
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.13 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.1 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.13 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan > 069.132 Museum Services to Patrons/Layanan Museum untuk Pelanggan
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 060 General Organizations, Foundations, and Museology/Organisasi-organisasi Umum, dan Museologi > 069 Museology (Museum science)/Museologi > 069.6 Personnel Management of Museum/Manajemen Personalia Museum > 069.62 Regulations for Patrons/Peraturan untuk Pelanggan
Divisions: Pascasarjana > Magister Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 09 Oct 2023 04:05
Last Modified: 09 Oct 2023 04:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/82216

Actions (login required)

View Item View Item