ANALISIS PERAN DAN FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI MASYARAKAT DI INDUSTRI OLAHRAGA

WARDANI, HANNI FARAH (2023) ANALISIS PERAN DAN FUNGSI HUBUNGAN MASYARAKAT KEMENTRIAN PEMUDA DAN OLAHRAGA DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI MASYARAKAT DI INDUSTRI OLAHRAGA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (491kB)
[img] Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (123kB)
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (97kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (33kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)

Abstract

An inequality that occurs in the sports industri occurs due to the lack of public knowledge about sports, the participation of the sports community in sports education is low because the sports achievement development system has not been carried out systematically and participation in the sports community is still low, only around 34%. If this continues to happen, it will cause problems such as the lack of successors to athletes in Indonesia, information gaps regarding sports, and the lack of sports activities in Indonesian society. To overcome this, the role and function of humas are needed. This study aims to dig deeper into Analysis of the role and function of public relations of the Ministry of Youth and Sports in improving public communication in the sports industri. This study used a qualitative research design by gathering information with 3 subjects, namely the Head of Humas, Head of Mass Media Relations, and Head of Sports Industri Products and Services. The data collection technique used was interviews The triangulation used is source triangulation. The results of this study indicate that the humas of the Republic of Indonesia Ministry of Youth and Sport in building communication in the sports industri act as a communicator to foster good relations and solve problems that occur between the ministries and the government, the ministries and the media, and society. Serves to introduce the sports industri to the public by delivering information, government programs, and designs related to the national sports industri to the public. Keywords: Public Relations, Public Relations Role, Public Relations Function. Ketimpangan yang terjadi dalam industri olahraga terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai cabang olahraga, partisipasi masyarakat berolahraga dalam pendidikan olahraga rendah karena sistem pembinaan olahraga prestasi belum dilakukan secara sitstematis serta partisipasi masyarakat berolahraga masih rendah hanya sekitar 34%. Jika hal tersebut terus dibiarkan terjadi, akan menimbulkan masalah seperti sedikitnya penerus atlet di Indonesia, kesenjangan informasi mengenai cabang olahraga, dan kurangnya aktivitas olahraga masyarakat indonesia. Untuk mengatasi hal tersebut, diperlukan peran dan fungsi humas. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih mendalam mengenai peran dan fungsi humas Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia dalam meningkatkan komunikasi masyarakat di industri olahraga. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif dengan menggali informasi dengan subyek sebanyak 3 orang, yaitu Kepala Bagian Hubungan Masyarakat, Kepala Sub Bagian Hubungan Media Massa, dan Kepala Bidang Produk dan Jasa Industri Olahraga. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah menggunakan wawancara. Triangulasi yang digunakan ialah triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa humas Kemenpora RI dalam membangun komunikasi di industri olahraga berperan untuk membina hubungan baik dan memecahkan masalah yang terjadi antara kementrian dengan pemerintah, kementrian dengan media, dan masyarakat serta berfungsi untuk memperkenalkan industri olahraga kepada masyarakat dengan menyampaikan informasi, programprogram pemerintah, dan desain-desain terkait industri olahraga olahraga nasional kepada masyarakat. Kata Kunci: Humas, Peran Humas, Fungsi Humas

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 23 075
NIM/NIDN Creators: 44217010129
Uncontrolled Keywords: Humas, Peran Humas, Fungsi Humas
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 08 Jul 2023 03:29
Last Modified: 08 Jul 2023 03:29
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/78827

Actions (login required)

View Item View Item