ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN KREATIF DESAIN GRAFIS DI AKUN INSTAGRAM @vektorkades

ARIYANTAMA, ARFA (2023) ANALISIS RESEPSI FOLLOWERS TERHADAP KONTEN KREATIF DESAIN GRAFIS DI AKUN INSTAGRAM @vektorkades. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (641kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (115kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (472kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (391kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (270kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (251kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)

Abstract

Creative content is message content in the form of information through social media in a new and unique way that is different from before.. The younger generation is now starting to popularize their work through creative digital media such as Instagram. Accommodating a new generation of content creators to create creativity and innovative ideas to create a written work.. The purpose of this study is to describe the position of followers according to the three positions of Stuart Hall readers towards followers through the @vectorkades account to interpret creative graphic design content. The research method used in this study is a qualitative approach and the method to be used is the reception analysis method. Acceptance analysis looks at active audiences who are viewers and readers to produce and reproduce meaning in the impression of a media. The data collection technique in this study was carried out by interviewing 6 active followers on the @vectorkades Instagram account channel. The results of the study showed the results of 6 informants that there was a critical attitude towards followers which could be seen from interpreting creative content. Regarding Stuart Hall's three audience positions, the author finds that most of the audience who commented were in the position of Dominant Hegemony compared to the position of Negotiation and Opposition. That it can be concluded that the creative content of @vectorkades graphic design is very informative through Instagram social media, namely that @vectorkades is famous for not only providing Instagram content to motivate followers but making concept ideas to graphic design production so that it can be implemented through creative digital media content. Keywords: Reception Analysis, Creative Content, Graphic Design Konten kreatif merupakan konten pesan berupa informasi melalui media sosial dengan cara baru dan unik berbeda dari sebelumnya. Generasi muda kini mulai mempopulerkan karyanya melalui media digital kreatif seperti Instagram. Menampung generasi baru pembuat konten untuk menciptakan kreativitas dan ide-ide inovatif untuk menciptakan suatu karya yang dituangkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan posisi followers menurut tiga posisi pembaca Stuart Hall terhadap followers melalui akun @vektorkades memaknai sebuah konten kreatif desain grafis. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan pendekatan kualitatif dan metode yang akan digunakan adalah Analisis Resepsi. Analisis penerimaan memandang khalayak aktif yang merupakan pemirsa dan pembaca untuk memproduksi dan mereproduksi makna dalam kesan suatu media. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode wawancara kepada 6 followers aktif pada channel akun instagram @vektorkades. Hasil Penelitian menunjukan hasil 6 para informan bahwa terdapat sikap kritis followers yang dapat dilihat dari memaknai konten kreatif. Terkait dengan tiga posisi penonton milik Stuart Hall, penulis menemukan bahwa kebanyakan khalayak yang memberikan komentar berada pada posisi Hegemoni Dominan dibandingkan posisi Negosiasi dan Oposisi. Bahwa dapat disimpulkan konten kreatif desain grafis @vektorkades sangat informatif melalui media sosial instagram, yaitu bahwa @vektorkades terkenal tidak hanya memberikan konten-konten instagram untuk motivasi para followers tetapi membuat ide konsep sampai produksi desain grafis sehingga dapat diimplementasikan melalui konten kreatif media digital. Kata Kunci : Analisis Resepsi, Konten Kreatif, Desain grafis

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 23 008
NIM/NIDN Creators: 44518010038
Uncontrolled Keywords: Analisis Resepsi, Konten Kreatif, Desain grafis
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 May 2023 06:48
Last Modified: 17 May 2023 06:48
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/77257

Actions (login required)

View Item View Item