PENGELOLAAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF DISCLOSURE) VLOGGER SEBAGAI KELUARGA IDEAL DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE Studi Kasus : Melalui Vlog Pasangan Selebtiris Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

KOYONGIAN, YOSSY ARIANY (2019) PENGELOLAAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF DISCLOSURE) VLOGGER SEBAGAI KELUARGA IDEAL DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE Studi Kasus : Melalui Vlog Pasangan Selebtiris Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf

Download (216kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (362kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. Daftar Lampiran.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (153kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (194kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (139kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran Skripsi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB)

Abstract

Komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran pesan yang terjadi antar individu dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan media atau tanpa menggunakan media. Perkembangan teknologi yang terjadi saati ini juga ikut merubah cara individu untuk berkomunikasi, dan memunculkan jenis media baru atau yang disebut dengan New Media salah satunya adalah YouTube. YouTube adalah media berbasis User Generated Content artinya siapapun bisa menciptakan sebuah ide yang dihasilkan kedalam sebuah video blog (Vlog). Banyak pasangan selebritis yang kini menjadi pembuat konten Vlog atau yang biasa disebut dengan Vlogger, salah satunya pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menggunakan Vlog sebagai sarana untuk membuka diri atau mengungkapkan diri (self disclosure) sebagai keluarga ideal dengan konsep yang mereka buat, kepada penggemar yang tidak bisa mereka lakukan pada saat di Televisi. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena mengkaji tentang bagaimana pasangan ini mengungkapkan diri mereka kepada penggemar dan publik sebagai keluarga ideal dengan mengelola Vlog yang ada di media sosial YouTube. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori studi kasus, komunikasi massa, new media, pengungkapan diri (self disclosure), keluarga ideal, teori pendekatan interaksi. Subjek penelitian ini adalah pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang berprofesi sebagai selebritis dan Vlogger di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara melalui surat elektronik (email) dan observasi partisipasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengelola Vlog secara efektif yang digunakan untuk mengungkapan diri mereka sebagai keluarga ideal dan mengungkapkan pola komunikasi dilakukan oleh pasangan ini kepeda penggemar di media sosial YouTube. Kata Kunci : Pengungkapan Diri (Self Disclosure), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Keluarga Ideal, Vlog, YouTube

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 337
NIM/NIDN Creators: 44214120025
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Diri (Self Disclosure), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Keluarga Ideal, Vlog, YouTube
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 18 Mar 2023 06:10
Last Modified: 18 Mar 2023 06:10
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75276

Actions (login required)

View Item View Item