KOYONGIAN, YOSSY ARIANY (2019) PENGELOLAAN PENGUNGKAPAN DIRI (SELF DISCLOSURE) VLOGGER SEBAGAI KELUARGA IDEAL DI MEDIA SOSIAL YOUTUBE Studi Kasus : Melalui Vlog Pasangan Selebtiris Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf Download (216kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (362kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. Daftar Lampiran.pdf Download (41kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
8. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
||
Text (BAB II)
9. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (402kB) |
||
Text (BAB III)
10. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (194kB) |
||
Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
||
Text (BAB V)
12. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
14. Lampiran Skripsi.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
Abstract
Komunikasi merupakan sebuah proses pertukaran pesan yang terjadi antar individu dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan media atau tanpa menggunakan media. Perkembangan teknologi yang terjadi saati ini juga ikut merubah cara individu untuk berkomunikasi, dan memunculkan jenis media baru atau yang disebut dengan New Media salah satunya adalah YouTube. YouTube adalah media berbasis User Generated Content artinya siapapun bisa menciptakan sebuah ide yang dihasilkan kedalam sebuah video blog (Vlog). Banyak pasangan selebritis yang kini menjadi pembuat konten Vlog atau yang biasa disebut dengan Vlogger, salah satunya pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina menggunakan Vlog sebagai sarana untuk membuka diri atau mengungkapkan diri (self disclosure) sebagai keluarga ideal dengan konsep yang mereka buat, kepada penggemar yang tidak bisa mereka lakukan pada saat di Televisi. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena mengkaji tentang bagaimana pasangan ini mengungkapkan diri mereka kepada penggemar dan publik sebagai keluarga ideal dengan mengelola Vlog yang ada di media sosial YouTube. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori studi kasus, komunikasi massa, new media, pengungkapan diri (self disclosure), keluarga ideal, teori pendekatan interaksi. Subjek penelitian ini adalah pasangan selebritis Raffi Ahmad dan Nagita Slavina yang berprofesi sebagai selebritis dan Vlogger di Indonesia. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini dengan melakukan wawancara melalui surat elektronik (email) dan observasi partisipasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pasangan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina mengelola Vlog secara efektif yang digunakan untuk mengungkapan diri mereka sebagai keluarga ideal dan mengungkapkan pola komunikasi dilakukan oleh pasangan ini kepeda penggemar di media sosial YouTube. Kata Kunci : Pengungkapan Diri (Self Disclosure), Raffi Ahmad dan Nagita Slavina, Keluarga Ideal, Vlog, YouTube
Actions (login required)
View Item |