IMPRESSION MANAGEMENT DOKTER MUDA TERHADAP PASIEN LANJUT USIA DI RUMAH SAKIT MH THAMRIN SALEMBA

SETIAWATI, ANNIK (2019) IMPRESSION MANAGEMENT DOKTER MUDA TERHADAP PASIEN LANJUT USIA DI RUMAH SAKIT MH THAMRIN SALEMBA. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. LEMBAR PERNYATAAN.pdf

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (283kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. KATA PENGANTAR.pdf

Download (517kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. DAFTAR ISI.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (117kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
8. BAB I .pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (BAB II)
9. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (647kB)
[img] Text (BAB III)
10. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text (BAB IV)
11. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
12. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
14. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Seorang dokter sudah seharusnya pandai mengelola kesan atas dirinya, pandai membedakan kehidupan pribadinya dan kehidupan disaat sedang bekerja melayani pasien, harus lebih sabar dalam menjelaskan tentang penyakitnya, menjadi pendengar yang baik, dan mampu menahan amarah dan emosi dengan melakukan impression management (pengelolaan kesan) supaya terbentuknya self image (citra diri) agar bisa dinilai positif atau baik dimata pasien. Hal ini belum berjalan baik dimata pasien lansia terkait pelayanan oleh dokter muda yang bekerja di RS MH Thamrin Salemba, dengan demikian peneliti melakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan kesan dilihat dari kehidupan panggung depan (front stage) dokter saat melayani pasien dan panggung belakang (back stage) dokter di RS MH Thamrin Salemba. Untuk menjawab permasalahan pokok, peneliti menggunakan teori dramaturgi dan teori impression management. Teori ini menjelaskan secara mendalam tentang pengelolaan kesan panggung depan terkait pelayanan yang dijalani oleh dokter dalam melayani pasien lansia dan panggung belakang mengenai keseharian dokter terhadap kehidupan terlepas sebagai dokter. Penelitian ini menggunakan paradigma postpositivisme dan penelitian bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dan dokumentasi berupa kata – kata kepada kelima dokter yang bekerja dan ditempatkan dibagian pelayanan yaitu UGD dan Poli Umum di RS MH Thamrin Salemba. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dokter dalam melayani pasien lansia melakukan pengelolaan kesan ketika sedang menjalankan tugasnya sebagai dokter. Pengelolaan kesan pada panggung depan (front stage) dominan terlihat pada aspek gaya melalui bagaimana sikap dan perilaku, gaya bahasa atau cara bertutur, mimik wajah, bahasa tubuh, dan isi pesan namun tidak dengan makeup. Sementara pada panggung belakang (back stage) para informan dokter kembali pada kehidupannya masing – masing dan tidak ada pengelolaan kesan berlebihan di kehidupan aslinya. Kata kunci : Impression Management, Lansia

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 19 325
NIM/NIDN Creators: 44214120102
Uncontrolled Keywords: Impression Management, Lansia
Subjects: 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: CALVIN PRASETYO
Date Deposited: 18 Mar 2023 03:58
Last Modified: 18 Mar 2023 03:58
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75256

Actions (login required)

View Item View Item