PERAN DAN FUNGSI HUMAS KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI DALAM SOSIALISASI PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING DALAM PERPRES NOMOR 20 TAHUN 2018 PADA INDUSTRI AGEN PERJALANAN MELALUI INSTAGRAM

AZZAHRA, DESFIRA ANANDA (2021) PERAN DAN FUNGSI HUMAS KEMENTERIAN KETENAGAKERJAAN RI DALAM SOSIALISASI PENGGUNAAN TENAGA KERJA ASING DALAM PERPRES NOMOR 20 TAHUN 2018 PADA INDUSTRI AGEN PERJALANAN MELALUI INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img] Text (FULL SKRIPSI)
TUGAS AKHIR, Desfira Ananda Azzahra, 44217010024.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Presidential Decree Number 20 of 2018 concerning the Use of Foreign Workers was made to simplify the procedures and bureaucracy of foreign workers to work in Indonesia so that investors can be interested in investing in Indonesia, but this regulation has received resistance from workers and the community, especially lower middle class workers in Indonesia who are worried that their position could be displaced. Public relations in this case has an important role and function in the issue of socialization in Presidential Decree Number 20 of 2018. The purpose of this study is to determine the role and function of the Ministry of Manpower's Public Relations in the socialization of Presidential Decree Number 20 of 2018 in the travel agency industry via Instagram. This study is intended to determine whether the role and function of the Ministry of Manpower's Public Relations in the socialization of the use of foreign workers in Presidential Decree No. 20/2018 in the travel agency industry via Instagram has been running based on the theory of the role of PR according to Dozier & Broom and the function of PR according to Seitel or not. This study uses a constructivist paradigm and then uses a qualitative approach. The research method is a case study by interviewing 5 informant. The results show that the role and function of the Public Relations Bureau are based on existing theories in socialization via Instagram which can help the government prevent misunderstandings of the context of these regulations, but there are drawbacks, namely the absence of the role of communication technicians which is an important point to improve the performance of the Public Relations Bureau of the Ministry of Manpower RI. The conclusion is that the role and function of PR in the Public Relations Bureau of the Ministry of Manpower of the Republic of Indonesia in this socialization areas Expert Advisors, Communication Facilitators, Problem Solving Process Facilitators who carry out socialization using infographics and video graphics on Instagram social media Keywords: Public Relations, Ministry of Manpower, Republic of Indonesia, Socialization, Role, Function, Instagram Perpres Nomor 20 Tahun 2018 tentang Penggunaan TKA dibuat mempermudah prosedur dan birokrasi TKA untuk bekerja di Indonesia agar para investor dapat tertarik berinvestasi di Indonesia, namun peraturan tersebut mendapatkan penolakan dari pihak pekerja dan masyarakat khususnya pekerja kelas menengah ke bawah di Indonesia yang khawatir posisi mereka dapat tergeserkan. Public relations dalam hal ini memiliki peran dan fungsi yang penting dalam permasalahan sosialisasi pada Perpres Nomor 20 Tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui peran dan fungsi Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam sosialisasi Perpres Nomor 20 Tahun 2018 pada industri agen perjalanan melalui instagram. Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah peran dan fungsi Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam sosialisasi penggunaan TKA dalam Perpres Nomor 20 Tahun 2018 pada industri agen perjalanan melalui Instagram sudah berjalan berlandaskan teori peran PR menurut Dozier & Broom dan fungsi PR menurut Seitel atau belum. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme lalu menggunakan pendekatan kualitatif. Metode penelitian studi kasus dengan mewawancarai 5 orang informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran dan fungsi Biro Humas sudah berlandaskan teori yang ada dalam sosialisasi melalui Instagram yang dapat membantu pemerintah mencegah kesalahpahaman konteks dari peraturan tersebut, namun terdapat kekurangan yaitu tidak adanya peran teknisi komunikasi yang menjadi sebuah point penting untuk menyempurnakan kinerja Biro Humas Kementerian Ketenagakerjaan RI. Kesimpulan bahwa peran dan fungsi PR di dalam Biro humas Kementerian Ketenagakerjaan RI dalam sosialisasi ini sebagai Penasehat Ahli, Fasilitator Komunikasi, Fasilitator Proses Pemecahan Masalah yang melakukan sosialisasi menggunakan infografis dan videografis pada media sosial Instagram. Kata Kunci : Public Relations, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sosialisasi, Peran, Fungsi, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
NIM/NIDN Creators: 44217010024
Uncontrolled Keywords: Public Relations, Kementerian Ketenagakerjaan RI, Sosialisasi, Peran, Fungsi, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 17 Mar 2023 06:53
Last Modified: 17 Mar 2023 06:53
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/75209

Actions (login required)

View Item View Item