MATHIAS, MATHIAS (2022) ANALISIS RESEPSI SUBSCRIBER MENGENAI MAKANAN INDONESIA DALAM KONTEN FOOD VLOG YOUTUBE CHANNEL HARI JISUN. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (541kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAKSI.pdf Download (279kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (374kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (471kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (278kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (210kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (468kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul “Analisis resepsi subscriber mengenai makanan Indonesia dalam konten food vlog akun YouTube Hari Jisun” ini menganalisis bagaimana pemaknaan subscriber mengenai makanan Indonesia yang diperkenalkan oleh Jisun pada kanal YouTube Hari Jisun. Analisis resepsi merupakan cara memahami proses dalam penciptaan makna yang dilakukan oleh subscriber saat mengkonsumsi media. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui posisi subscriber menurut tiga posisi pembacaan milik Stuart Hall (Dominat Position, Negotiated Position, Oppositional Position) terhadap konten food vlog dalam video yang berjudul “Jual pisang goreng di korea AUTO LARIS!!” di kanal YouTube Hari Jisun. Untuk mengaplikasikan teori yang ada, peneliti menggunakan paradigma Interpretif untuk mendapatkan perspektif dan penglaman dari narasumber, dalam hal peneliti menggunakan Proses FGD (Focus Group Discussion) dengan memilih 10 narasumber dan dilakukan melalui pertemuan daring Google Meet dengan waktu yang sudah ditentukan yaitu 60-90 menit. Hasil penelitian menunjukkan 3 posisi dari 10 narasumber, dimana 1 narasumber berada di posisi Dominat, 6 narasumber berada di posisi Negotiated dan 3 narasumber lainnya berada pada posisi Oppositional. Kata Kunci: Analisis Resepsi, Food Vlog, YouTube, Hari Jisun.
Actions (login required)
View Item |