KARUNIA, DINA (2019) STRATEGI DIGITAL MARKETING COMMUNICATION DALAM PENGGUNAAN ENDORSER PADA CARLA SKIN CLINIC MELALUI AKUN INSTAGRAM PERIODE JUNI 2018 MARET 2019. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf Download (292kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf Download (309kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf Download (385kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf Download (663kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (308kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (248kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (489kB) |
||
Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
||
Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (254kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (359kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (640kB) |
Abstract
Carla Skin Clinic merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa kecantikan yang menawarkan perawatan dan kesehatan wajah yang didirikan oleh Carla, berada dibawah naungan PT. Herca Cipta Dermal Perdana. Carla Skin Clinic sudah berdiri sejak tahun 1980 dan melakukan re-branding menggunakan platform Instagram mulai tahun 2018 dengan konsep young and modern serta menggunakan endorser dalam memperkenalkan produknya. Endorser dipilih oleh perusahaan sebagai simbolisasi atau penanda untuk mewakili keinginan dan kebutuhan dari calon konsumen. Carla Skin Clinic memilih beberapa public figure sebagai endorser untuk produk mereka yang diharapkan mampu mewakili Carla Skin Clinic, sehingga pesan yang disampaikan dapat dipahami oleh konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneliti strategi digital marketing communication dalam penggunaan endorser Carla Skin Clinic melalui akun Instagram periode Juni 2018 – Maret 2019. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui observasi dan wawancara serta memperoleh data baik secara langsung maupun tidak langsung. Hasil penelitian yang sudah didapatkan dan diolah oleh peneliti, dapat diketahui bahwa Carla Skin Clinic melakukan strategi dalam penggunaan endorser melalui platform Instagram menggunakan lima tahapan yaitu perencanaan, pengorganisasian, implementasi, evaluasi, dan pengawasan/pengendalian. Carla Skin Clinic melakukan riset latar belakang terlebih dahulu untuk memilih endorser mana yang akan digunakan, lalu menerapkan sistem barter jasa dengan cara para endorser mendapatkan treatment yang diinginkan sesuai hasil konsultasi dengan dokter lalu para endorser tersebut mem-posting testimoninya di akun Instagram masing-masing. Setelah itu di repost oleh akun Carla Skin Clinic agar masyarakat dapat melihat testimoni tersebut. Tetapi dibalik semua itu, pertimbangan budget menjadi faktor utama Carla Skin Clinic dilihat dari pemilihan endorser yang digunakan sehingga hal tersebut menjadikan Carla Skin Clinic belum menjadi klinik yang diketahui oleh banyak orang (top of mind). Kata kunci: Carla Skin Clinic, strategi digital marketing communication, endorsement
Actions (login required)
View Item |