PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI “MINEWS”

TAMALA, DAHLIA DEVI (2022) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL TIKTOK SEBAGAI MEDIA PROMOSI “MINEWS”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01_COVER_DAHLIA DEVIT.pdf

Download (706kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02_ABSTRAK_DAHLIA DEVIT.pdf

Download (170kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03_BAB I_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (465kB)
[img] Text (BAB II)
04_BAB II_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)
[img] Text (BAB III)
05_BAB III_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB)
[img] Text (BAB IV)
06_BAB IV_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (511kB)
[img] Text (BAB V)
07_BAB V_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08_DAFTAR PUSTAKA_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (357kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09_Lampiran_DAHLIA DEVIT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

The development of social media in Indonesia is currently very fast, a lot of new social media have entered Indonesia, for example the social media application Tiktok. Tiktok Social Media really opens up opportunities for entrepreneurs to create business accounts to carry out promotional activities. The purpose of this study is to find out how Minews applies Tiktok social media as a promotional media to achieve promotional goals by utilizing the features available on Tiktok. In this study, researchers used the 4C concept (context, communication, collaboration, connection), features in Tikok and also the characteristics of social media. By creating content on Tiktok and taking advantage of Tiktok's features, Minew can expand the reach that Minew aims to introduce their media. This research is qualitative by using constructivist paradigm. The method used in this research is a case study method using a data collection process by observing the Tiktok Minews account (@matamillennialindonesia) and interviewing several sources. Based on the results of the study, it can be concluded that Minews utilizes Social Media as a promotional media by using the features found on Tikok's social media and by creating informative content and having a good impact on increasing Minews brand awareness. Keywords: Social Media, Tiktok, Promotion, Minews Perkembangan media sosia di Indonesia saat ini sangatlah pesat, banyak sekali media sosial baru yang masuk ke indonesia contohnya aplikasi media sosial Tiktok. Media Sosial Tiktok ini sangatlah membuka kesempatan kepada para pengusaha untuk membuat akun-akun bisnis untuk melakukan kegiatan promosi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana Minews mengaplikasikan media sosial Tiktok sebagai media promosi untuk mencapai tujuan promosi dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Tiktok. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan konsep 4C (context, communicaton, collaboration, connection), Fitur-Fitur di Tikok dan juga karakteristik media sosial. Dengan membuat konten di Tiktok dan memanfaatkan fitur-fitur Tiktok dapat memperluas jangkauan yang dituju oleh Minew untuk mengenalkan media mereka. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan menggunakan paradigma konstruktivis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan menggunakan proses pengumpulan data dengan mengamati akun Tiktok Minews (@matamilenialindonesia) dan mewawancarai beberapa narasumber. Berdasarkan dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa Minews memanfaatkan Media Sosial sebagai media promosi dengan menggunakan fitur-fitur yang terdapat di media sosial Tikok dan dengan membuat konten yang informatif dan berdampak baik terhadap meningkatkan brand awareness Minews. Kata kunci: Media Sosial, Tiktok, Promosi, Minews

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PKP. 22 100
Call Number: SK/43/23/013
NIM/NIDN Creators: 44318010060
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Tiktok, Promosi, Minews
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 658 General Management/Manajemen Umum > 658.8 Marketing, Management of Distribution/Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Periklanan dan Komunikasi pemasaran
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 02 Mar 2023 09:17
Last Modified: 02 Mar 2023 09:17
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74569

Actions (login required)

View Item View Item