PRAVANGASTA, INDIRA FEBRILIA (2019) PEMAKNAAN SIMBOL PADA IKLAN KAMPENYE POLITIK PARTAI SOLIDARITAS INDONESIA (PSI) VERSI 18 DETIKPADA ERA PEMILIHAN PRESIDEN 2019. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf Download (92kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
4. Abstrak.pdf Download (118kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan Mahasiswa.pdf Download (136kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (199kB) | Preview |
|
|
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf Download (80kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi -.pdf Download (111kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf Download (95kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf Download (61kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
10. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
||
Text (BAB II)
11. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
||
Text (BAB III)
12. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
||
Text (BAB IV)
13. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (421kB) |
||
Text (BAB V)
14. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
||
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf Download (143kB) | Preview |
|
|
Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf Download (260kB) | Preview |
Abstract
Kampanye melalui iklan dilakukan oleh partai politik pendatang baru yaituPartai Solidaritas Indonesia (PSI) dalam pentas Pemilu 2019. Iklan kampanyeyang diusung oleh PSI, berbeda dengan iklan kampanye pada umumnya. Fokuspenelitian ini adalah bagaimana pemaknaan simbol dalam iklan kampenyePolitik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) versi 18 detik pada era PemilihanPresiden 2019. Sehingga tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemaknaan simbol pada iklan kampenye Politik Partai Solidaritas Indonesia (PSI) versi 18 detik pada era Pemilihan Presiden 2019. Dalam penelitian ini menggunakan beberapa kajian teoritis untuk memperkuat pemaknaan simbol dalam iklan kampanye PSI diantaranya yaitu konstruksi realitas sosial yang digagas oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckman, pendekatan konstruksi realitas sosial, iklan sebagai simbol; tanda; dan makna, iklan politik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian semiotika yang digagas olehCharles Sanders Pierce. Metode ini menjelaskan model triadik yangmenghubungkan antara representamen (sesuatu yang mereprentasikan sesuatuyang lain), object (sesuatu yang direpretansikan) dan interpretant (orang yangmemberi interpretasi terhadap tanda). Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa dalam iklan kampanye PSI terdapat pemaknaan simbol yang didalamnya terdapat konsep dengan memuat konstruksi realitas sosial yang berasal dari kondisi politik dalam era Pemilu 2019. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwaPSI ingin membangun brand awareness kepada khalayaknya melalui pemaknaansimbol dari Iklan kampanye PSI. Kata Kunci: Iklan Politik, Konstruksi Realitas Sosial, Model Triadik
Actions (login required)
View Item |