SOSIALISASI PENTINGNYA BIJAK BERMEDIA DIGITAL LEWAT KONTEN AUDIO VISUAL “KABAR DENGKUL”

CAESAR, RACHMAT FITRIADI (2022) SOSIALISASI PENTINGNYA BIJAK BERMEDIA DIGITAL LEWAT KONTEN AUDIO VISUAL “KABAR DENGKUL”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. COVER.pdf

Download (317kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02. ABSTRAK.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (28kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (220kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (98kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (629kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (22kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (110kB)

Abstract

The rise of false information spread on the internet is one of the negative impacts of the rapid development of digital communication media, social media is one of the main means of disseminating such information. The large number of users and the ease of communicating and sharing information on social media are the reasons for the spread of disinformation and misinformation or better known as hoaxes. Therefore, awareness and digital literacy skills are needed in filtering information on social media users to be able to stop the spread of hoaxes, especially in generation z as the majority of internet users. For this reason, the author will design a socialization media in the form of public service advertisements on audio-visual-based social media platforms, namely YouTube, Tiktok and Instagram. Kata Kunci : Hoax, Digital Literacy, Digital Media Maraknya informasi tidak benar yang tersebar di internet merupakan salah satu dampak negatif dari pesatnya perkembangan media komunikasi digital, media sosial adalah salah satu sarana utama persebaran informasi tersebut. Besarnya jumlah pengguna dan kemudahan dalam berkomunikasi dan berbagi informasi di media sosial menjadi alasan tersebarnya dis dan misinformasi atau yang lebih dikenal dengan hoax. Karenanya diperlukan kesadaran dan kemampuan literasi digital dalam menyaring informasi pada pengguna media sosial untuk dapat menghentikan persebaran hoax khususnya pada generasi Z sebagai mayoritas pengguna internet. Untuk itu penulis akan merancang sebuah media sosialisasi berupa iklan layanan masyarakat pada platform media sosial berbasis audio visual yaitu youtube, tiktok dan instagram. Kata Kunci : Hoax, Literasi Digital, Media Digital

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 22 060
Call Number: SDSK/23/23/001
NIM/NIDN Creators: 42317010064
Uncontrolled Keywords: Hoax, Literasi Digital, Media Digital
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 010 Bibliography/Bibliografi > 011 General Bibliographies/Bibliografi Umum > 011.3 Bibliographies by Specific Forms/Bibliografi dan Katalog dengan Bentuk Khusus > 011.37 Visual and Audio Visual Media/Media Visual dan Audio Visual
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.24 Content/Isi Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 303 Social Process/Proses Sosial > 303.3 Coordination and Control/Koordinasi dan Kontrol > 303.32 Sosialization/Sosialisasi
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:51
Last Modified: 14 Feb 2023 02:51
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74079

Actions (login required)

View Item View Item