INTERAKSI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENYAJI KOPI (BARISTA) DENGAN KONSUMEN DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA CAFE COFFEE SHOP SAHABAT NGOPI DI DEPOK

STEVANUS, ARVANDO PUTRA (2022) INTERAKSI KOMUNIKASI ANTARPRIBADI PENYAJI KOPI (BARISTA) DENGAN KONSUMEN DALAM MEMPERTAHANKAN KEPUASAN PELAYANAN PADA CAFE COFFEE SHOP SAHABAT NGOPI DI DEPOK. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 Cover.pdf

Download (292kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
04 Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB)
[img] Text (BAB III)
05 Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (104kB)
[img] Text (BAB IV)
06 Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)
[img] Text (BAB V)
07 Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (483kB)

Abstract

Consumers are the main component in the progress of a company, on the grounds that without consumers, a company cannot run its business. Baristas must have interpersonal communication skills so that consumers feel fulfilled in terms of service. A qualitative descriptive study was used in this study to determine the interpersonal communication interactions between coffee servers (baristas) and consumers in maintaining service satisfaction at Cafe Sahabat Kopi. The data in this study was obtained through interviews and documentation. Interactive communication that combines elements of the message, message source, interpretation, and feedback is interpersonal communication between baristas and consumers. Baristas and consumers communicate both verbally and nonverbally during this interaction. Messages are conveyed verbally through written and spoken language. The messages conveyed nonverbally can be in the form of a smile, eye gaze, limb movements, appearance or clothing worn, interior design, and music. For the baristas providing services, it is expected that they will follow the company's standard operating procedures. Maintenance, technical, managerial, andhospitality SOPs will ensure that customers always feel valued and satisfied, resulting in a loyal customer base. Keywords: Interpersonal Communication, Barista, Consumers, Service Konsumen merupakan komponen utama bagi kemajuan suatu perusahaan dengan alasan bahwa tanpa konsumen, suatu perusahaan tidak dapat menjalankan bisnisnya. Barista harus memiliki kemampuan komunikasi antarpribadi sehingga konsumen merasa terpenuhi dalam hal pelayanan. Untuk mengetahui Interaksi Komunikasi Antarpribadi Penyaji Kopi (Barista) dan Konsumen dalam mempertahankan kepuasan pelayanan pada Cafe Sahabat Kopi, penelitian deskriptif kualitatif digunakan dalam penelitian ini. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi. Komunikasi interaktif yang menggabungkan unsur pesan, sumber pesan, interpretasi, dan umpan balik adalah komunikasi antarpribadi antara barista dan konsumen. Barista dan konsumen berkomunikasi baik secara verbal maupun nonverbal selama interaksi ini. Pesan disampaikan secara verbal melalui bahasa tertulis dan lisan. Sedangkan pesan yang disampaikan secara nonverbal dapat berupa senyuman, tatapan mata, gerakan anggota badan, penampilan atau pakaian yang dikenakan, desain interior, dan musik. Untuk para barista dalam memberikan pelayanan, diharapkan mereka akan mengikuti prosedur operasi standar perusahaan. SOP pemeliharaan, teknis, manajerial, dan keramahan akan memastikan bahwa pelanggan selalu merasa dihargai dan puas, sehingga menghasilkan basis pelanggan yang loyal. Kata Kunci: Komunikasi Antarpribadi, Barista, Konsumen, Kepuasan Pelayanan

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 206
NIM/NIDN Creators: 44216010102
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Antarpribadi, Barista, Konsumen, Kepuasan Pelayanan
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 650.1-650.9 Standard Subdivisions of Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Subdivisi Standar Dari Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:52
Last Modified: 13 Feb 2023 07:52
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/74067

Actions (login required)

View Item View Item