STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT HOTEL MERCURE JAKARTA KOTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CUSTOMER DENGAN MEMANFAATKAN INSTAGRAM

APRILIANA, SARASWATI (2020) STRATEGI HUBUNGAN MASYARAKAT HOTEL MERCURE JAKARTA KOTA DALAM MENINGKATKAN JUMLAH CUSTOMER DENGAN MEMANFAATKAN INSTAGRAM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01. Cover.pdf

Download (485kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
02 Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (BAB II)
03 Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB)
[img] Text (BAB III)
04 Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB)
[img] Text (BAB IV)
05 Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (883kB)
[img] Text (BAB V)
06 Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (138kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
07 Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
08 Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (764kB)

Abstract

The Indonesian hotel industry is now facing a declining situation, according to the Central Statistics Agency (BPS), noting that the occupancy rate of star-rated hotels, especially in Jakarta, has decreased in 2018-2019 and competition is due to the emergence of many new star hotels. The purpose of this research is to find out how the public relations strategy of the Mercure Jakarta Kota hotel uses Instagram to increase the number of customers. The theory and supporting concepts in this research are those applied by Rhenald Kasali, namely, firstly, there is conveying facts and opinions, secondly tracing company official documents or studying changes that have occurred historically, third to the stage of carrying out a SWOT analysis and strategy of public relations activities by Rosady Ruslan. The method used in this research is a qualitative method with a case study research method and a constructivism paradigm, with primary data collection techniques, namely direct and in-depth interviews. The technique of checking the validity of the data used is triangulation. The results of this study explain the public relations strategy of the Jakarta Mercure hotel in increasing the number of customers by utilizing Instagram, including situation analysis, objectives, action strategies, communication strategies, among others, determining the audience, the theme of the message conveyed, choosing communication media to convey the message. So that the communication process is to attract public attention and increase the number of customers. Kata Kunci : Strategi Public Relations, Customer, Instagram Industri perhotelan Indonesia kini menghadapi situasi yang menurun, menurut Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat tingkat hunian kamar hotel berbintang khususnya di jakarta mengalami penurunan pada tahun 2018-2019 dan persaingan karena banyak hotel berbintang baru yang bermunculan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi humas hotel Mercure Jakarta Kota memanfaatkan instagram untuk meningkatkan jumlah customer. Teori dan konsep pendukung pada penelitian ini yaitu yang diterapkan oleh Rhenald Kasali yaitu pertama adanya menyampaikan fakta dan opini, kedua menelusuri dokumen resmi perusahaan atau mempelajari perubahan yang terjadi secara histories, ketiga sampai tahapan melaukan analisis SWOT dan strategi kegiatan public relations oleh Rosady ruslan. Metode yang dugunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode penelitian studi kasus dan paradigma konstruktivisme, dengan teknik pengumpulan data primer yaitu wawancara secara langsung dan mendalam. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi. Hasil penelitian penelitian ini menjelaskan strategi humas hotel mercure Jakarta kota dalam meningkatkan jumlah customer dengan memanfaatkan instagram, antara lain analisa situasi, objektif, strategi tindakan, strategi komunikasi antara lain menentukan khayalak, tema pesan yang disampaikan, memilih media komunikasi untuk menyampaikan pesan. Sehingga proses komunikasi tersebut untuk menari perhatian masyarakat dan meningkatkan jumlah customer. Kata Kunci : Strategi Public Relations, Customer, Instagram

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 20 160
NIM/NIDN Creators: 44216010023
Uncontrolled Keywords: Strategi Public Relations, Customer, Instagram
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 070 Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1-070.9 Standard Subdivisions of Documentary Media, Educational Media, News Media, Journalism, Publishing/Subdivisi Standar Dari Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita, Jurnalisme, Penerbitan > 070.1 Documentary Media, Educational Media, News Media/Media Dokumenter, Media Pendidikan, Media Berita > 070.19 Broadcast Media/Media Broadcast
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 18 Jan 2023 04:26
Last Modified: 25 Mar 2023 04:49
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/73523

Actions (login required)

View Item View Item