PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI MEDIA KAMPANYE BAHAYA DAMPAK BROKEN HOME

RHENALDY, FEYZARD (2020) PERANCANGAN INFOGRAFIS SEBAGAI MEDIA KAMPANYE BAHAYA DAMPAK BROKEN HOME. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (279kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
2. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB)
[img] Text (BAB III)
4. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
7. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
8. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)

Abstract

This design was made to explain the dangers of the impact of broken home that occurred in Indonesia because the issue has caused a lot of unrest in the community such as juvenile delinquency and violence against children and therefore this research aims to find the right communication strategy so that this campaign reaches the target . The method used in this paper is a quantitative method because based on the data obtained is the percentage of divorce rates that occur in Indonesia. Based on the results of research divorce rates in Indonesia are always increasing every year where there will be some children who become victims of broken homes from the divorce rate of parents. Therefore the divorce of the two parents greatly affects the child's mental development and development because some of them have difficulty accepting the fact that both parents divorced and caused the child's emotions to surge and not be directed. From this design it was concluded that the right visual communication strategy is to use video concepts by combining 2D animation with motion tracking techniques with reliable data. In the use of media also very influential are social media, such as YouTube, Instagram and Facebook. Keywords: impact, communication, campaign Perancangan ini dibuat untuk menjelaskan akan bahaya dampak broken home yang terjadi di indonesia dikarenakan isu tersebut sudah banyak membuat keresahan dimasyarakat seperti kenakalan-kenakalan remaja dan kekerasan terhadap anak maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mencari strategi komunikasi yang tepat agar kampanye ini sampai kepada yang ditargetkan. Metode yang digunakan pada penulisan ini adalah metode kuantitatif karena berdasarkan data-data yang diperoleh adalah presentase angka perceraian yang terjadi di indonesia. Berdasarkan hasil penelitian angka perceraian di indonesia selalu meningkat setiap tahun nya yang dimana akan ada sebagian anak yang menjadi korban broken home dari tingkat perceraian orang tua. Maka dari itu perceraian kedua oran tua sangat mempengaruhi mental anak untuk tumbuh kembang karena sebagian mereka ada yang sulit menerima kenyataan kalau kedua orang tua nya bercerai dan mengakibatkan emosi anak melonjak dan tidak terarah. Dari perancangan ini diperoleh lah kesimpulan bahwa strategi komunikasi visual yang tepat adalah menggunakan konsep video dengan mengkombinasikan animasi 2D dengan teknik motion tracking dengan data-data yang terpercaya. Dalam penggunaan media juga yang sangat berpengaruh adalah media sosial, seperti youtube, instagram dan facebook. Kata kunci: dampak, komunikasi, kampanye

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FDSK/DKV. 20 043
NIM/NIDN Creators: 42316010096
Uncontrolled Keywords: dampak, komunikasi, kampanye
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.84 Communications and Entertainment Media/Media Komunikasi dan Hiburan
Divisions: Fakultas Desain dan Seni Kreatif > Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:01
Last Modified: 10 Jun 2023 07:19
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72952

Actions (login required)

View Item View Item