EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JKTINFO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT JAKARTA (Periode Agustus 2022) (Survey Pada Followers Akun Instagram @Jktinfo)

SHAPUTRA, MUHAMMAD ANDI (2022) EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL INSTAGRAM @JKTINFO DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN INFORMASI MASYARAKAT JAKARTA (Periode Agustus 2022) (Survey Pada Followers Akun Instagram @Jktinfo). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Cover.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
3. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text (BAB II)
4. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (304kB)
[img] Text (BAB III)
5. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB)
[img] Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (402kB)
[img] Text (BAB V)
7. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (114kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
9. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

This research is entitled The Effectiveness of Instagram Social Media @jktinfo in Meeting the Information Needs of the Jakarta Community (Survey on Followers of the @jktinfo Instagram Account). Instagram @jktinfo was created on the realization that there are limitations in informing the city of Jakarta and its traffic, the @jktinfo Instagram account was welcomed by the citizens of Jakarta, every day the @jktinfo account uploads content containing information about the city of Jakarta such as traffic and weather info. The theory used in this research is the uses & gratifications theory. This research method uses a survey method, positivism research paradigm, with descriptive research type and quantitative approach aims to explain, summarize various conditions, regarding the problem being studied by researchers. The data that used in this study amounted to 100 respondents who were followers of the @jktinfo Instagram account, the sampling technique used random sampling technique. The data analysis technique used is descriptive analysis, for measuring media effectiveness using the model from Jan Kietzmann & Kristopher Hermkens. The results of this study with each dimension of the dimensions of selfintroduction (identity), conversation (conversation), sharing (sharing), presence (presence), relationship (relationship), reputation (reputation), and group (group) show effective results that researchers measure using Likert Summating Rating. Keywords: Media Effectiveness, Information, Social Media. Penelitian ini berjudul Efektifitas Media Sosial Instagram @jktinfo Dalam Memenuhi Kebutuhan Informasi Masyarakat Jakarta (Survey Pada Followers Akun Instagram @jktinfo). instagram @jktinfo dibuat atas kesadaran bahwasanya ada keterbatasan dalam penginformasian kota jakarta dan lalu lintasnya, akun instagram @jktinfo disambut baik oleh warga jakarta, setiap harinya akun @jktinfo mengupload konten yang berisi informasi tentang kota jakarta seperti, info lalu lintas dan cuaca. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori uses & gratifications. Metode penelitian ini menggunakan metode survey, paradigma penelitian positivisme, dengan tipe penelitian deskriptif dan pendekatan kuantitatif bertujuan untuk menjelaskan, meringkaskan berbagai kondisi, mengenai masalah yang sedang di teliti oleh peneliti. Data yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 100 responden yang merupakan followers dari akun instagram @jktinfo, teknik penarikan sampel menggunakan teknik random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan analisis deskriptif, untuk pengukuran efektivitas media dengan menggunakan model dari Jan Kietzmann & Kristopher Hermkens. Hasil dari penelitian ini dengan masing – masing dimensi dimensi perkenalan diri (identity), percakapan (conversation), berbagi (sharing), kehadiran (presence), hubungan (relationship), reputasi (reputation), dan kelompok (group) menunjukan hasil efektif yang peneliti ukur dengan menggunakan Likert Summating Rating. (LSR).Kata Kunci : Efektivitas Media, Informasi, Media Sosial.

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/KD. 22 024
NIM/NIDN Creators: 44518010019
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Media, Informasi, Media Sosial.
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.6 Computer Graphics/Komputer Grafis, Grafika Komputer > 006.69 Special Topics in Computer Graphics/Topik Khusus dalam Grafik Komputer > 006.696 Digital Video/Video Digital
000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi
300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi > 302.23 Media (Means of Communication)/Media (Sarana Komunikasi)
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Komunikasi Digital
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 08 Dec 2022 05:05
Last Modified: 08 Dec 2022 05:05
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/72294

Actions (login required)

View Item View Item