PENGUNGKAPAN DIRI DI SOSIAL MEDIA TWITTER PADA KALANGAN MILENIAL

FAJRIYANI, RHESTU (2022) PENGUNGKAPAN DIRI DI SOSIAL MEDIA TWITTER PADA KALANGAN MILENIAL. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf

Download (71kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB)
[img] Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB)
[img] Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (69kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
09 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (555kB)

Abstract

Self-disclosure occurs when a person believes and feels comfortable with others. However, self-disclosure, often occurs on social media, some millennials are open about it by dealing directly with individuals they trust. Twitter is one of the social media platforms that is used as an online outpouring book. On the other hand Twitter is a very open media platform that can be accessed by many people. This shows the need for each individual to be aware of any particular behavior. This study aims to find out how the form of self-disclosure made on social media Twitter by millennials. The research method used is descriptive qualitative research method using interview and observation data collection techniques. And the theory used is the self-disclosure theory of Johari Window. The results showed that the hidden window had more space and minimized other frames, but the open window frame was also slightly enlarged because all the informants did self-disclosure, but some were over-closed until it entered the blind window. Informants said that whatever they upload in the form of tweets has limits and it is not safe if they want to reveal things that should not be disclosed because Twitter is a very open platform. Keywords: Self Disclosure, Twitter, Millennial Generation Pengungkapan diri terjadi jika seseorang telah percaya dan merasa nyaman dengan orang lain. Namun, pengungkapan diri sering terjadi di media sosial, sebagian kalangan milenial terbuka tentang hal itu dengan berhubugan langsung dengan individu yang mereka percayai. Twitter salah satu platfrom media sosial yang digunakan tempat sebagai buku curahan hati daring. Di sisi lain Twitter adalah platform media yang sangat terbuka yang dapat diakses oleh banyak orang. Hal tersebut menunjukkan perlunya setiap individu untuk menyadari setiap perilaku tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk pengungkapan diri yang dilontarkan di media sosial Twitter oleh kalangan milenial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan observasi. Dan teori yang digunakan yaitu teori self-disclosure dari Johari Window. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jendela tersembunyi memiliki lebih banyak ruang dan meminimalkan bingkai lainnya, akan tetapi bingkai jendela yang terbuka juga sedikit membesar karena semua informan melakukan pengungkapan diri namun ada yang melakukan over-disclosure hingga hal tersebut masuk kepada jendela buta. Para informan mengatakan bahwa apapun yang mereka unggah dalam bentuk cuitan memiliki batas dan kurang aman jika ingin mengungkapkan hal yang tidak seharusnya diungkapkan karena mengingat media sosial Twitter merupakan platform yang sangat terbuka. Kata Kunci: Pengungkapan Diri, Twitter, Generasi Milenial

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 166
NIM/NIDN Creators: 44215120160
Uncontrolled Keywords: Pengungkapan Diri, Twitter, Generasi Milenial
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 000. Computer Science, Information and General Works/Ilmu Komputer, Informasi, dan Karya Umum > 006 Special Computer Methods/Metode Komputer Tertentu > 006.7 Multimedia Systems/Sistem-sistem Multimedia > 006.75 Social Multimedia/Multimedia Social > 006.754 Online Social Network/Situs Jejaring Sosial, Sosial Media
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 152 Sensory Perception, Movement, Emotions, Physiological Drives/Psikologi Fisiologis > 152.5 Psychological urges/Dorongan psikologis
100 Philosophy and Psychology/Filsafat dan Psikologi > 150 Psychology/Psikologi > 155 Differential and Developmental Psychology/Psikologi Diferensial dan Psikologi Perkembangan > 155.5 Psychology of Young People Twelve to Twenty/Psikologi Remaja
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: ADELINA HASNA SETIAWATI
Date Deposited: 17 Nov 2022 07:59
Last Modified: 17 Nov 2022 07:59
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/71711

Actions (login required)

View Item View Item