"ANALISIS ISI PESAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER INFORMASI KULINER WISATAWAN (Studi Pada Akun @kuliner.mataram Periode 2020)”

RAMADHANIA, DEWI SUKMA (2022) "ANALISIS ISI PESAN MEDIA INSTAGRAM SEBAGAI SUMBER INFORMASI KULINER WISATAWAN (Studi Pada Akun @kuliner.mataram Periode 2020)”. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf

Download (415kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
02 Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
03. BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[img] Text (BAB II)
04. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[img] Text (BAB III)
05. BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (350kB)
[img] Text (BAB IV)
06. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB)
[img] Text (BAB V)
07. BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (38kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSAKA.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Instagrammedia is a mediumthat is able to disseminate information quickly and has a broad reach compared to any other media. The type of information that is most sought after by the public is food/culinary that is currently popular in a certain area. People are also looking for information about promos or discounts on food through social media. Culinary is currently an interesting thing in several cities, one of which is Mataram, which is a destination for culinary tourism for tourists. This study uses content analysis theory according to Krippendorff on Instagram as a source of information with the use of social media in the 4C dimension of using social media, namely: context, communication, collaboration, and connection. With a quantitative method of content analysis approach, with the aim of knowing how the content of the message and the tendency of the message content that appears on the @Kuliner.mataram Instagram account that makes it a source of tourist culinary information. The results show that Instagram media is capable of disseminating information, which is supported by features that can be used to create messages from all forms of information on social media. This can be seen in the content of messages on the Instagram account @kuliner.mataram in the 2020 period which meets the criteria as a source of tourist culinary information of 91.75 (94.58%) with the strongest dimension being the connection dimension. Keywords:, Message, Instagram, Information, Culinary Media Instagram adalah media yang mampu menyebarkan informasi dengan cepat serta memiliki jangkaun yang luas dibandingkan dengan media manapun. Jenis informasi yang paling banyak dicari masyarakat adalah makanan/kuliner yang sedang terkenal di daerah terntentu. Masyarakat pun mencari informasi tentang promo atau diskon dari makanan melalui media sosial. Kuliner saat ini merupakan suatu hal yang menarik pada beberapa kota salah satunya mataram, yang menjadi tujuan untuk wisata kuliner wisatawan. Penelitian ini menggunakan teori analisis isi menurut Krippendorff pada media nstagramsebagai sumber informasi dengan pengunaan media sosial dimensi 4C penggunaan media sosial yaitu : context, communication, collaboration, dan connection. Metode penelitian kuantitatif pendekatan analisis isi, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana isi pesan dan kecendrungan isi pesan yang muncul pada akun Instagram @Kuliner.mataram yang menjadikannya sebagai sumber informasi kuliner wisatawan. Hasil penelitian menunjukan bahwa media instagram mampu dalam menyebarkan informasi yakni dengan didukung oleh fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan dalam membuat pesan dari segala bentuk informasi di media sosial. Hal ini terlihat isi pesan pada akun [email protected] periode 2020 yang memenuhi kriteria sebagai sumber informasi kuliner wisatawan sebesar 91,75 (94,58%) dengan dimensi paling kuat adalah dimensi connention. Kata Kunci : Pesan, Instagram, Informasi, Kuliner

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FK/PR. 22 150
NIM/NIDN Creators: 44218010029
Uncontrolled Keywords: Pesan, Instagram, Informasi, Kuliner
Subjects: 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat > 659.2 Public Relations/Hubungan Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat
Depositing User: WADINDA ROSADI
Date Deposited: 26 Oct 2022 08:14
Last Modified: 26 Oct 2022 08:14
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/70975

Actions (login required)

View Item View Item