AMINUDIN, MUHAMMAD RAMDHA (2022) PENDAMPINGAN USAHA MIKRO, KECIL, DAN MENENGAH KIKA CATERING DALAM MELAKUKAN STRATEGI MARKETING DIGITAL UNTUK MEMBANGUN AWARENESS (September 2021 - Mei 2022). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
1. COVER.pdf Download (377kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2. ABSTRAK.pdf Download (25kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
3. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (123kB) |
||
Text (BAB II)
4. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (240kB) |
||
Text (BAB III)
5. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (89kB) |
||
Text (BAB IV)
6. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB V)
7. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB VI)
8. BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (21kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (68kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (710kB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan usaha yang berdiri sendiri dan dilakukan secara perorangan atau badan usaha yang ada di sektor ekonomi. Salah satu Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang berkembang secara pesat adalah kuliner, karena kuliner berkaitan dengan kebutuhan pokok utama manusia yaitu makanan dan minuman. Di masa pandemi pemilik Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) harus bisa mengikuti digitalisasi dengan seiringnya berkembangnya teknologi di masa sekarang, salah satunya dengan menggunakan sosial media. Penulis dan tim akan melakukan pendampingan dalam penggunaan sosial media Instagram untuk mitra kami yakni Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kika Catering. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kika Catering berada di Jl. Bulakwareng No 58, RT 001/04 Larangan Selatan, Larangan, Tangerang, 15154. Memproduksi olahan makanan rumahan, kue dan snack, dengan kemampuan dan kekuatan yang dimiliki, mereka hanya melakukan penjualan secara offline. Hal ini dikarenakan pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kika Catering masih belum teredukasi dalam media sosial. Penulis beserta tim Tugas Akhir Peduli Negeri berdiksusi untuk membuat beberapa perencanaan di setiap jobdesc nya masing-masing seperti penulis sebagai Strategi Marketing Digital yang bertugas di media sosial dalam membuat perencanaan ide konten marketing, membuat strategi marketing endrose, membuat strategi marketing Give Away, dan memanfaatkan fitur Instagram Ads sebagai promosi. Tugas Akhir Peduli Negeri ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan pendampingan kepada pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kika Catering mengenai bagaimana memanfaatkan media sosial Instagram untuk bisnis. Strategi Marketing Digital mempunyai pekerjaan seperti menentukan ide konten marketing, membuat kerjasama endorse, memanfaatkan fitur Instagram Ads sebagai promosi , dan melakukan kolaborasi Giveaway dengan akun lain. Hasil dari kegiatan pendampingan dan pelatihan ini, pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kika Catering yang sebelumnya tidak memiliki media sosial, saat ini sudah memiliki media sosial Instagram, gmail. Google location, dan linktree yang sudah terhubung dengan WhatssApp untuk keperluan order. Akun Instagram telah memposting sebanyak 69 Postingan, dengan jumlah follower sebanyak 769. Kata kunci : Strategi,Digital Marketing, Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)
Actions (login required)
View Item |