AFIFAH, MAUDY (2019) STRATEGI KOMUNIKASI GERAKAN PEMUDA HIJRAH (SHIFT) DALAM BERDAKWAH KEPADA GENERASI MILENIAL (Studi Kasus Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah (SHIFT)). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01. Halaman Cover.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
03. Surat Pernyataan.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
04. Lembar Pengesahan.pdf Download (212kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR GAMBAR)
08. Daftar Gambar.pdf Download (21kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
09. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB II)
10. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (361kB) |
||
Text (BAB III)
11. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) |
||
Text (BAB IV)
12. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (632kB) |
||
Text (BAB V)
13. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (155kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
14. Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
15. Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (236kB) |
Abstract
Gerakan Pemuda Hijrah merupakan gerakan dakwah yang berada di Kota Bandung. Lahir berdasarkan keresahan para pendirinya terhadap taklim atau kajian serta masjid yang sepi dari anak muda, sehingga mereka membentuk Gerakan dakwah yang bertujuan untuk mengajak anak muda semakin taat beragamadengan pendekatan yang kreatif dan teknik yang mampu menarik anak muda untuk berhijrah. Berdasarkan hal tersebut, Gerakan Pemuda Hijrah perlu strategi komunikasi persuasif dalam upayanya berdakwah. Berdasarkan latar belakang masalah di atas, maka dari itu terdapat pertanyaan-pertanyaan yang akan dibahas dalam penelitian ini, yaitu bagaimana strategi komunikasi persuasif Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah dalam berdakwah?, bagaimana teknik komunikasi persuasif Pengurus Gerakan Pemuda Hijrah? Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori strategi komunikasi persuasif Melvin L. DefLeur dan Sandra J. Ball-Roceach. Teori ini menjelaskan tiga pendekatan dalam komunikasi persuasif, yakni: strategi psikodinamika yang lebih menekankan pada pendekatan emosional dan faktor koqnitif, strategi sosiokultural mengenai faktor luar diri seseorang yakni faktor lingkungan dalam memengaruhi perilaku, dan strategi meaning construction mengenai pemahaman mengenai sesuatu. Terdapat beberapa teknik komunikasi persuasif dalam proses komunikasi, yaitu: Asosiasi, Integrasi, Icing, Pay off and Fear Arousing, dan Red Hirrring. Penelitian ini menggunakan paradigma penelitian menggunakan postpositivisme, pendekatan kualitatif dan metode penelitian studi kasus dengan penelitian dilakukan secara mendalam melalui berbagai sumber data secara lengkap dengan menggunakan teknik pengumpulan data yang sesuai dengan prosedur. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan dalam strategi psikodinamika yang melibatkan emosional dan faktor koqnitif dalam mempersuasif untuk melihat fenomena lingkungan. Strategi sosiokultural memanfaatkan faktor lingkungan yakni dengan hubungan pertemanan yang terjalin antara pengurus dan jemaah untuk berdakwah. Strategi meaning construction memfokuskan lebih kepada memberikan pemahaman kepada jemaah dengan memanipulasi pengertian tetapi tidak merubah makna bertujuan untuk menyederhanakan dalam menyampaikan pesan persuasifnya. Teknik komunikasi yang digunakan pun berusaha disesuaikan dengan anak muda agar menarik bagi anak muda. Kata kunci: Strategi, Komunikasi Persuasif, Dakwah, Pengurus, Gerakan Pemuda Hijrah.
Actions (login required)
View Item |