PRIBADI, ELEGI DWIKI (2022) KOMUNIKASI PUBLIK PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA DALAM PENANGANAN PANDEMI COVID-19 MELALUI MEDIA SOSIAL PERIODE JANUARI 2021 – JANUARI 2022 (Analisis Isi Kualitatif Isu Vaksinasi Dalam Akun Instagram @dkijakarta). S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.
|
Text (HAL COVER)
01 COVER.pdf Download (297kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
02 ABSTRAK.pdf Download (85kB) | Preview |
|
Text (BAB I)
03 BAB 1.pdf Restricted to Registered users only Download (383kB) |
||
Text (BAB II)
04 BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (263kB) |
||
Text (BAB III)
05 BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (98kB) |
||
Text (BAB IV)
06 BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (773kB) |
||
Text (BAB V)
07 BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (80kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
08 Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (78kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
09 Lampairan.pdf Restricted to Registered users only Download (104kB) |
Abstract
Public communication is an activity and communication strategy aimed at the target audience. Where public communication is one of the implementations of E-government. the presence of this public communication has an important role to provide information, education to appeals effectively. So the purpose of this study is to find out the public communication carried out by the DKI Jakarta Provincial government in dealing with the Covid-19 pandemic through social media, especially with regard to the issue of vaccination for the period January 2021 - January 2022. This research uses William A. Gamson and Modigliani framing model analysis. Framing Device and Reasoning Device are two stages in analyzing the framing model of William A. Gamson and Modigliani. The type of research used in this study is a qualitative interpretive method. The method used is to describe or share opinions or views in the object of research, namely content related to the Covid-19 vaccination on the @dkijakarta Instagram account. Based on the results of the study, there are 3 categories of content, namely content that is informational, educational, and campaign. From the three categories, it was found that several framing issues carried out in public communications by the @dkijakarta account, each content categorization has different framing issues. Keyword: Framing Analysis, Social Media, Instagram, Communication Public Komunikasi public adalah sebagai kegiatan dan strategi komunikasi yang ditujukan kepada khalayak sasaran. Dimana komunikasi public merupakan salah satu implementasi E-government. kehadiran komunikasi public ini memiliki peranan penting untuk memberikan informasi, edukasi hingga himbauan secara efektif. Sehingga Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi public yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam menangani pandemic Covid-19 melalui media Sosial Khususnya berkaitan dengan isu vaksinasi periode januari 2021 – januari 2022. Penelitian ini menggunakan analisis framing model William A.Gamson dan Modigliani. Framing Device dan Reasoning Device merupakan 2 tahapan dalam melakukan analisis framing model William A. Gamson dan Modigliani. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode interpretif kualitatif. Metode yang digunakan mendeskripsikan atau menceritakan pendapat atau pandangan yang ada dalam objek penelitian yaitu konten terkait vaksinasi Covid-19 pada akun Instagram @dkijakarta . Berdasarkan Hasil penelitian terdapat 3 kategori konten , yaitu konten bersifat informasi, edukasi, dan Campaign. Dari ketiga katagori tersebut ditemukan bahwa beberapa isu framing yang dilakukan dalam komunikasi publik oleh akun @dkijakarta setiap kategorisasi konten memiliki isu framing yang berbeda-beda. Kata Kunci : Analisis Framing, Media Sosial, Instagram, Komunikasi Publik
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Call Number CD: | FK/PR. 22 085 |
NIM/NIDN Creators: | 44218110023 |
Uncontrolled Keywords: | Analisis Framing, Media Sosial, Instagram, Komunikasi Publik |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.5 Relations of Individual to Society/Hubungan antara Individu dan Masyarakat 600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 659 Advertising and Public Relations/Periklanan, Reklame, Pariwara, Iklan, Sponsor, Humas, Hubungan Masyarakat |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komunikasi > Hubungan Masyarakat |
Depositing User: | WADINDA ROSADI |
Date Deposited: | 01 Oct 2022 08:24 |
Last Modified: | 03 Oct 2022 06:52 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69781 |
Actions (login required)
View Item |