EVALUASI KINERJA STASIUN TANAHABANG BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM

OLDI, ISRAMI DAI (2019) EVALUASI KINERJA STASIUN TANAHABANG BERDASARKAN STANDAR PELAYANAN MINIMUM. S1 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta.

[img]
Preview
Text (HAL COVER)
1. Halaman Judul.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2. Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PERNYATAAN)
3. Lembar Pernyataan.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text (LEMBAR PENGESAHAN)
4. Lembar Pengesahan.pdf

Download (760kB) | Preview
[img]
Preview
Text (KATA PENGANTAR)
5. Kata Pengantar.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
6. Daftar Isi.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR TABEL)
7. Daftar Tabel.pdf

Download (122kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR GAMBAR)
8. Daftar Gambar.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR LAMPIRAN)
9. Daftar Lampiran.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
10. Bab 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text (BAB II)
11. Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB)
[img] Text (BAB III)
12. Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB)
[img] Text (BAB IV)
13. Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (821kB)
[img] Text (BAB V)
14. Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
16. Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB)

Abstract

This research uses a field study method by conducting direct observation at the station to evaluate the condition of Tanahabang Station which will be compared with Transportation Minister Regulation No. PM 48 of 2015 about Minimum Service Standard for People’s Transportation with Train at Station and Transportation Minister Regulation No. 29 of 2011 about technical requirements of a train station building. Moreover, questionnaires about the services of Tanahabang Station are also distributed directly to train service users. The evaluation shows that the need of building area for primary activities is 2,723.6 m2, in working days it is 2,939 m2, in holidays it is 2,623.9 m2 and the need of platform width is 11.3 m. The station’s performances which have yet to meet Minimum Service Standard are waiting room, boarding room, toilet, small mosque, passenger service facilities, and parking lot. The average satisfaction level of passengers against the services and facilities of Tanahabang Station is satisfied with the average load of 3.22 and the average performance level of the station is good with the average load of 3.24 from the highest score of 5. Keywords: SPM, Station, Train, Passenger Satisfaction. Stasiun Tanahabang (THB) merupakan stasiun kereta api kelas besar yang terletak di Kampung Bali, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Stasiun ini termasuk dalam Daerah Operasi 1 Jakarta. Stasiun Tanahabang merupakan stasiun transit yang setiap harinya selalu dipadati penumpang. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui bagaimana kondisi Sasiun Tanahabang saat ini dan tingkat kepuasan pengguna jasa kereta api terhadap pelayanan Stasiun Tanahabang. Penelitian ini menggunakan metode survey lapangan dengan melakukan pengamatan langsung di stasiun untuk mengevaluasi kondisi Stasiun Tanahabang yang akan dibandingkan dengan Peraturan Menteri Perhubungan No. PM 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang Dengan Kereta Api di Stasiun. Serta Peraturan Menteri Perhubungan No 29 Tahun 2011 tentang persyaratan teknis bangunan stasiun kereta api. Kemudian dilakukan juga penyebaran kuisioner tentang pelayanan Stasiun Tanahabang secara langsung kepada pengguna jasa kereta api. Hasil evaluasi menunjukan bahwa kebutuhan luas gedung kegiatan pokok sebesar 2723.6 m2, pada hari kerja sebesar 2939 m2, hari libur sebesar 2623.9 m2 dan kebutuhan lebar peron sebesar 11.3 m. Kinerja Stasiun yang belum memenuhi Standar Pelayanan Minimum seperti ruang tunggu, ruang boarding, toilet, mushola, fasilitas layanan penumpang dan tempat parkir. Rata – rata tingkat kepuasan penumpang terhadap pelayanan dan fasilitas Stasiun Tanahabang yaitu puas dengan bobot rata – rata 3.22 dan rata – rata tingkat kinerja stasiun yaitu baik dengan bobot rata – rata 3.24 dari skor tertinggi 5. Kata Kunci : SPM, Stasiun, Kereta Api, Kepuasan Penumpang

Item Type: Thesis (S1)
Call Number CD: FT/SIP. 19 028
Call Number: S17181531
NIM/NIDN Creators: 41114010038
Uncontrolled Keywords: SPM, Stasiun, Kereta Api, Kepuasan Penumpang
Subjects: 200 Religion/Agama > 260 Christian Social Theology/Teologi Sosial Kristen > 268 Religious Education/Pendidikan Agama Kristen, Pengajaran Agama Kristen > 268.7 Services/Pelayanan
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu
600 Technology/Teknologi > 650 Management, Public Relations, Business and Auxiliary Service/Manajemen, Hubungan Masyarakat, Bisnis dan Ilmu yang Berkaitan > 657 Accounting/Akuntansi > 657.8 Accounting for Enterprises Enganged in Specific Kinds of Activities/Akuntansi Usaha yang Bergerak dalam Jenis Kegiatan Tertentu > 657.83 Service and Professionals Activities/Kegiatan Pelayanan dan Profesional
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Dede Muksin Lubis
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:34
Last Modified: 15 Sep 2022 07:34
URI: http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/69128

Actions (login required)

View Item View Item