SETIOBUDI, ARI (2014) MODEL KOMUNIKASI RESPON OPINI PUBLIK (Studi Kasus pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta). S2 thesis, Universitas Mercu Buana Jakarta-Menteng.
|
Text (Cover)
COVER JUDUL TESIS.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (Abstrak)
ABSTRAK OK.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pengesahan)
04 Lembar Pengesahan Tesis.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (Lembar Pernyataan)
05 Lembar Pernyataan.pdf Download (44kB) | Preview |
|
|
Text (Kata Pengantar)
KATA PENGANTAR OK.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Isi)
DAFTAR ISI.pdf Download (35kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Tabel)
DAFTAR TABEL OK.pdf Download (22kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Gambar)
DAFTAR GAMBAR OK.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text (Daftar Lampiran)
DAFTAR LAMPIRAN OK.pdf Download (29kB) | Preview |
|
Text (Bab 1)
BAB I OK.pdf Restricted to Registered users only Download (60kB) |
||
Text (Bab 2)
BAB II OK.pdf Restricted to Registered users only Download (256kB) |
||
Text (Bab 3)
BAB III OK.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
||
Text (Bab 4)
BAB IV OK.pdf Restricted to Registered users only Download (664kB) |
||
Text (Bab 5)
BAB V OK.pdf Restricted to Registered users only Download (39kB) |
||
Text (Daftar Pustaka)
DAFTAR PUSTAKA OK.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (Lampiran)
JAWABAN PERTANYAAN ROP KEPALA BIDANG OK.pdf Restricted to Registered users only Download (59kB) |
Abstract
Public service is the responsibility of the government and carried out by government agencies, both at the central and regional levels. Public service in the form of public goods and public services. Today the public is increasingly open to criticism for public services. One form of public service that is implemented by the provincial government of DKI Jakarta is a public aspirations, where the input, criticisms, and suggestions from the community are delivered through a variety of channels captured and processed, analyzed by the team and submitted to the Regional Working Units (SKPD) related. Therefore, the researcher conduct this research in order to describe a public opinion response communication model to Jakarta Capital Government. Research about model of public opinion response communication in Jakarta Capital City is based on a theory of Wilbur Schramm, a new media theory, and government public relation. The study was conducted with a qualitative approach and implemented using the case study method and the research paradigm of constructivism. The researcher collects the data from many speaker, such as Head of Communication, Informatics, and Public Relation of Jakarta Capital City, and many expert staffs. Its data validity technique uses triangulation. Generaly, this research finds a framework which has been applied in a dynamic cancatenation of communication plans and communication activities by utilizing coorporation medias in Communications, Informatics, and Public Relations Department of Jakarta Capital City. It goes public with the result that progress issues can be controled and stopped. Pelayanan publik merupakan tanggungjawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik itu di pusat maupun di daerah. Pelayanan publik berbentuk pelayanan barang publik maupun pelayanan jasa. Dewasa ini masyarakat semakin terbuka dalam memberikan kritik bagi pelayanan publik. Salah satu bentuk pelayanan publik yang dilaksanakan oleh pemerintah provinsi DKI Jakarta adalah menyerap aspirasi publik, dimana masukan, kritik, dan saran dari masyarakat yang disampaikan melalui beragam kanal dijaring dan diolah, dianalisis oleh tim dan disampaikan kepada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model komunikasi respon opini publik pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Penelitian tentang model komunikasi respon opini publik pada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta didasari pada teori model komunikasi Wilbur Schramm, teori media baru, dan humas pemerintah Tipe penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan dilaksanakan dengan menggunakan metode penelitian studi kasus dan paradigma penelitian konstruktivisme. Peneliti mengumpulkan data dari beberapa narasumber pada Dinas Komunikasi, Informatika dan Kehumasan DKI Jakarta, dan berbagai tenaga ahli. Tehnik keabsahan data disini menggunakan triangulasi Sumber. Berdasarkan hasil penelitian, secara umum pengelolaan respon opini publik yang dilakukan oleh seksi data dan informasi Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Jakarta memiliki kerangka tugas yang telah ditetapkan melalui serangkaian rencana dan kegiatan komunikasi yang dilakukan secara dinamis dengan membuat program-program, dan penyusunan informasi yang dibuat. Dan dengan pemanfaatan media-media yang bekerja sama dengan bagian Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Jakarta yang ditujukan untuk semua publik-publiknya sehingga opini yang berkembang bisa dikendalikan dan dihentikan.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Call Number CD: | CDT-551-14-200 |
NIM/NIDN Creators: | 55209110029 |
Additional Information: | ADA BEBERAPA NIM DALAM CD NO: CDT-551-14-200 (ORYZA/01/11/2022) |
Subjects: | 300 Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 300. Social Science/Ilmu-ilmu Sosial > 302 Social Interaction, Interpersonal Relations/Interaksi Sosial, Hubungan Antarpersonal > 302.2 Communication/Komunikasi |
Divisions: | Pascasarjana > Magister Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | ORYZA LUVITA |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 03:41 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 03:34 |
URI: | http://repository.mercubuana.ac.id/id/eprint/67780 |
Actions (login required)
View Item |